Buku IV-93

393-00

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 6 Oktober 2009 at 05:07  Comments (345)  

The URI to TrackBack this entry is: https://adbmcadangan.wordpress.com/buku-iv-93/trackback/

RSS feed for comments on this post.

345 KomentarTinggalkan komentar

  1. gue termasuk cantrik yg jarang absen. Skrg ikutan absen ya Nyi :mrgreen:

  2. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Subhanalloh, percaya atau tidak ternyata kejadian gempa akhir-akhir ini ada hubungannya kandungan ayat2 yang ada dalam Al Qur’an:
    Gempa di Tasikmalaya pukul 15.04, (surat 15 (Al Hijr) ayat 04; “Dan Kami tiada membinasakan sesuatu negeri pun, melainkan ada baginya ketentuan masa yang telah ditetapkan”,
    Gempa di Padang pukul 17.16, Surat ke 17 (Al Isro’) ayat 16 ; “Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya”
    Gempa Susulan Pukul 17.58, Surat Al Isro’ ayat 58 berbunyi;”Tak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduknya), melainkan Kami membinasakannya sebelum hari kiamat atau Kami azab (penduduknya) dengan azab yang sangat keras. Yang demikian itu telah tertulis di dalam kitab (Lohmahfuz)”,
    Besoknya Gempa di Jambi pukul 8.52 , Surat Anfal ayat 58;”(keadaan mereka) serupa dengan keadaan Firaun dan pengikut-pengikutnya serta orang-orang yang sebelumnya. Mereka mengingkari ayat-ayat Allah, maka Allah menyiksa mereka disebabkan dosa-dosanya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Amat Keras siksaan-Nya”.
    Saya tidak menghubungkan bahwa kejadian tersebut merupakan azab Allah untuk daerah tersebut , tidak tetapi ,sungguh ini merupakan peringatan dan teguran Allah SWT kepada kita semua, bisa juga peringatan itu akan terjadi didaerah kita.
    Semoga kita selalu ingat dan mohon ampun atas segala kesalahan kita, keluarga kita , para pemimpin kita dan bangsa kita, semoga para pemimpin kita serta bangsa kita diberi jalan sehigga kita terlepas dari bala dan bencana.
    Semoga kita selalu dijauhkan dari rasa takabur,dan semua sifat2 yang sangat dibenci Allah SWT.
    Semoga para saudara kita yang tertimpa bencana diberi ketabahan dan diberi keihlasan atas kejadian ini, dan untuk para korban bencana yg meninggal semoga diampuni segala dosanya dan diterima segala amal ibadahnya,percayalah, Jika kita sedang berbuat dijalan Allah , Insya Allah seandainya kita pada waktu itu langsung dipanggil kehadiranya oleh Allah SWT, Allah akan memberi tempat di sisinya.

    Wassalam Wr. Wb.

    • Maha Suci Allah, qur’an sebagai peringatan untuk kita yang masih hidup, Maha benar Allah dengan segala firmannya.

      • Pedoman kita untuk dunia akherat kali yo mas

    • kira-kira apa masih ada ayat lain yg berhubungan dengan itu? untuk berjaga-jaga.

      • Sy lihat di Asmaul Husna ( Sifat2 Allah ) tidak ada yg menyebutkan Allah Pemarah, Pengazab dlsb yg merugikan Hambanya, yg ada ; Allah Maha Pengasih, penyayang, pemberi rahmat, maha kuat dlsb.
        Menurut saya, musibah2 yg terjadi adalah Sunatullah, proses berkesinabungan yang berjalan seiring proses waktu dan sebab akibat terhadap alam semesta yg memang telah ditetapkan oleh penciptanya yaitu Allah SWT.
        Jadi Allah tidak Sadis.
        Mohon maaf jika keliru, ini hanya pendapat seorang hamba yg tidak mempunyai kemampuan apapun.

        • Ass. Wr.wb.
          Mohon maaf ki bukan ingin menggurui,saya hanya ingin menjelaskan uraian diatas itu menurut saya hanya karena Allah mengingatkan kita atas segala sesuatu tindakan2 kita yang sangat dibenci Allah,mau marah atau tidak itu terserah Allah SWT. ki, hanya yang tersirat itu peringatan, dan itu juga bisa terjadi dimanapun, bisa sekarang bisa besok. Dan itu juga termasuk sifat Allah yang ada didalam Asmaul Husna, Allah itu Maha Berkehendak, Menghidupkan dan Mematikan. Kita tidak tahu sampai kapan kita diberi waktu oleh Allah, jika kita tidak bertobat mulai dari sekarang, kapan lagi.
          Sekali lagi mohon maaf ki jika urain saya ini tidak berkenan,ini hanya sekedar untuk mengingatkan kita saja.
          Wassalam Wr. Wb.

          • Alhamdulillah ki, terima kasih penyegarannya.
            Jika kita ber andai2, seorang penguasa marah, pastilah org yg membuatnya marah itu akan dibuat kalang kabut, menderita deh.
            Nah bisa kita bayangkan jika Allah SWT penguasa alam semesta benar marah, kaya apa jadinya. ini rahasia Allah yg sudah tertulis di lauful mahfuz, terima kasih ki.

  3. permisi.. ikut baca-baca komentar ya…

    • permisi.. ikut baca-baca komentar sampeyan ya…

      • permisi…

        • Permisi, ikutan permisi boleh ?

          • permisi,boleh permisi ikut

  4. Kitab diwedar diperlama….
    karena Nyi Seno Dan Ki GD… masih sayang sama cantrik..di padepokan
    hehehehehehe

  5. Gimana ya, AS pangkat terakhirnya apa kira2 Tumenggung, Adipati atau cuma jadi penerus padepokan orang bercambuk …………..

  6. Diperlama… karena Nyi Seno sedang menyusun daftar nama cantrik senior hehe… atau menyiapkan kitab SHM lainnya….

  7. Pokoke ta enteni nganti kitab wedar

  8. Diperlama … jangan-jangan karena pengaruh Ki Lateung !?!?!?

  9. Aki-aki .. ikut hadir di sini …

  10. ikut absen Nyi

  11. Bila para Adbmers ini benar2 hadir dalam arti yang sebenarnya….enak kali yaa !

    • monggo nderek gabung teng padepokanipun ki zacky teng FB ki…

      niku tempat “kopi maya” cantrik2 “sesungguhnya”…..

      • Di sana ada siapa saja, Ki?

        • ada 1000-an cantrik + mentrik ki…..

          • Sepertinya ada Ki Pandanalas di sana…

            Saya pernah lihat ada yang pamer kaos ADBM saat lebaran

            😀

            • niku ngangge model ki….
              hiksss

        • Rak mboten saget salaman Ki, sinambi nyruput kopi pahit !

        • tapi saged kirim2an salam + kirim2an kopi ki….

          • Weh..lha kulo rodho isin je !rak sepiro bagus tapi mung manis thok..nunggu pada saatnya aja…

            • wah…selak tutup padepokanipun ki…

              • Tentu saja tidak Ki…sesrawungan niku sae koq, bahkan barangkali sekali kali nyekar Ki SHM.

            • Lewat pintu
              butulan bisa
              nggak Ki….

              • padepoakn fb emang yahuiii

                monggo mampir
                kisanak

  12. legowo hadir disini… moga minggu udah wedar… biar menikmati hari santai…ngopi+pisang goreng+kitab.. enak tenan…

  13. Ehmmmm malam Sabtu ……… besok malam minggu …. menungguuuuu ..

  14. Habis nyedot rontal 392, hati terasa gembira sekaligus was-was karena stock rontal mendekati habis………..!? Semoga Mbah_Man bisa segera cancut tali wanda meneruskan kisah yang adiluhung ini dan Ki GD serta Nyi Seno mengijinkan penggunaan Padhepokan ini untuk menyambung tali silaturahmi. Mbah_Man, kusampirkan harapanku padamu. Nuwun.

    • Hmm… untuk Mbah_Man saya setuju beliau akan cancut tali wondo. Beda dengan saya, mungkin saya akan nyopot cancut kalau weruh rondho wudo.

      😀

      • halaa ora usah dicopot yo mlorot dewe.lha wong..kombor2

        • Saya lupa… mestinya memang mlorot sendiri 😀

  15. hahahaha, komboorr kombor, pikirannya ga jauh2 dari rondo.

    • nJenengane memang sedang dapat giliran RONDHA, sambil minum RONDHE …. jadi pikirannya hanya tertuju pada R**DO. 😆

      • Wektu rondha, bar ngombe rondhe, nginjen randha.

        Hihihihi… pas mlaku neng petengan nabrak wit randu alas sarang gendruwo bermata satu.

      • sopo seng gek ngrondo………….?
        nitip siji sing okeh kembange

      • Yen wis ngono entuk asma :

        KI …… MANGKUWANITOWUDO eh salah, MANGKU RANDHAWUDA…..xi xi xi, gojeg Ki.

        • Lebih ngeri lagi kalau:
          KI … MANGKURANDHALIMAWUDASEDAYA.

          Ngapunten…ngapunten…, ngapunten…,
          namung neruskan komenipun Ki gagakseta.

          • Hua…..ha ha ha.
            Ki Ajar Gurawa…aya-aya wae.

          • Kombor Mangkurandhasayutawutasedaya…

            loh… kok wuta?

        • NYEMPIL SETUNGGAL NJIH…..

          • rondholimawudhosedaya
            ..iki seneng yen bahas koyo ngene…

            tapi yen mangku opo iso bareng2??

            • iso kok Ki…….
              satu buat Ki PKT
              yang 4 buat saya

              • Ternyata Ki YP juga remen widow to?

          • ..iki seneng yen bahas koyo ngene…

            • Jangan sampai Nyi Sena duka.

              Nyuwun pangapunten, Nyi Sena.

          • eman2 Ki…..wispodo(**do)

  16. Terharu,..hiks,..hiks,..

  17. absen nggih……

  18. Sugeng enjing…!

    • Sugeng dalu

      • Sugeng dalu sangit eh sanget

  19. Ternyata kitab sengaja diperlama …
    1. Supaya seluruh cantrik lama sowan ke paseban padepokan kembali?
    2. Menunggu respon para cantrik dalam menyikapi kelanjutan padepokan ini?
    3. Sedang mempersiapkan wajah padepokan yang baru setelah kitab terakhir diwedar?
    4. Sedang mencari solusi untuk kelanjutan padepokan ini?
    6. Mungkin karena pertemuan dalam waktu satu tahun ini dirasakan terlalu singkat untuk segera diakhiri …. (uhuk … uhuk …)
    7. Mungkin … dll.

    Sekedar usul:
    Sebelum kitab terakhir wedar mbok ditampilkan foto-foto Ki Gede, Nyi Senopati, serta para bebahu lain di padepokan ini (jangan-jangan foto-foto yang memeragakan model kaos adbm itu juga para bebahu padepokan ini ya? siapa sih sebenarnya mereka ini?).

    • Sugeng siang,

      Saya malah menduga(atau usul?) mungkin kitabnya diwedar sebulan sekali dengan demikian maka akan selesai akhir tahun sehingga para cantrik jadi tambah ramai saur manuk…sambil tahun baruan.

  20. Sugeng enjing. Poro Kadang sedoyo. Malem Minggu bade ronda. (sedi nek salah dadi “Rondo”)

  21. SUGENG TANGGAP WARSO KI SABUNG AYAM SARI…….

    Mugo2 tansah pinaringan hidayah, inayah lan rahayuning gesang…….

    Amiiiin……………

    • Lho…
      Injih to Ki.

      Selamat-selamat.
      Selamat Ulang Tahun, semoga setahun kedepan tetap sehat, banyak rejeki, rukun dengan istri dan anak-anaknya (kalau sudah punya) dan selalu ingat bahwa dengan bertambah umur semakin berkurang masa hidupnya.

      • wah….telat ngirim
        Selamat selamat selamat Ki SAS

        Tambah umur tambah sehat tambah
        kuat tambah rejeki tambah………

        • iki priyayine neng ngendi tho…

          opo gek nguber2 pithik nggo dibakar mengko bengi, sinambi ngenteni ransuman

          • sugeng tanggap warsa ki sas.

            • Hatur Nuwun poro sedherek ki Yuda,ki Pandan, ki TP, Ki Kombor dll, atas pandonganipun…Amin!
              Sakniki gadah kesibukan laen ngurusi manuk niki loh (gantinipun ayam, mergo kalah terus..hiks) ayam…dadosipun jarang nginguk padepokan…!
              Ki Pandan jago bosa alus…mboten iso kulo…

    • Wah…
      telat aku…
      wis buyar ta ulang tahunane
      ngendi priyayine, kok gak ketok.

      Selamat wis

  22. Absen kanggo yu rondo,
    Monggo nunggu…..rondolimopodoadussedoyo

    • Ki Kompor teko…..rondolimopodomlayusedoyo

      • sampun ki….

        • sampun mlajar, ki, randhanipun?

  23. Kitab sengaja diperlama, kenapa ?

    Karena Nyi Seno menunggu sebagian besar Cantrik, Mentrik dan Putut berkumpul bersama, singgah dipadepokan tidak hanya sekedar mampir lantas ngunduh Kitab saja, tapi juga saling menyapa, juga untuk menampung usulan kelanjutan Padepokan Pasca Kitab 396.
    Jadi buat adbmers semua, ayo…undang cantrik-cantrik lain yang sudah lama tidak sowan, mari kita regengkan Padepokan menjelang akhir episode ADBM.

    • Saya ikut dibarisan depan KI….
      Tapi..saya pesen dekat Rara wulan, Nuniek dan Nyi Ken Padmi. SEbenarnya pengen juga sih berdua sama Nyi Suminten…tapi SG pernah negur…..
      Yang jelas saya enggak mau dekatan sama :
      1. Ki Pandanalas (banyak duri..tajam)
      2. Ki terangguk_angguk (rese..gampang ngantuk)
      3. Ki Bukan_sms (rame…cuma bisa misscall)
      4. KIamat (busyettt…serem amat)
      5. Ki Yudha Permana (pusiiiing..teka-tekinya mabok)
      6. Ki Saba Lintang (mantatan teroris..seremmm)
      7. Ki Kombor (males..saingan berattt)
      8. Ki Widura (gosipnya..duren…atau sukun…)
      9. Ki Arema (ngerii…temennya BONEK)
      Kalo dengan Ki Ismoyo…saya senang..karena beliau sering membantu komonikasi saya dengan Nyi Ken Padmi……
      Untuk cantrik dan putut yang belon saya sebut namanya..tenang..bakal saya sebutkan namanya satu persatu….tunggu komentar saya selanjutnya…(BERSAMBUNG)

      • Deg..!deg…!deg..!an (bagi nyong yang msh baru)…tentunya.

      • aku yo wedi cedak2 ki kompor….
        kuwatir nek ono KOMPOR MBLEDUG

        • Betul Ki Pandan.
          Untung yang bersangkutan tidak mau dekat.
          Kalau njebluk bisa brondol rambutku.

      • Ki Kompor, mbok kulo nggih disambat …heheh

      • saingan apa to, ki? wong saya nggak pakai lisah mambet utawi elpiji kok…

        kula taksih ngagem luweng.

        • ki kombor mestine tiange Hot tenan niki…hiks

  24. Hadir semuanya, semoga saya melengkapi cantrik yang ditunggu siapa tau, hehehehe

  25. Bende Mataram
    versi djvu s/d jilid 38
    versi doc (edit) s/d jilid 28
    ada di : http://dimhad.via.my

    • Aslinya dari Padepokan Gagakseta milik Ki Ismoyo…

      • Episode 41 sudah diluncurkan Ki Anatram…. monggo.

    • Ki rancaekek, kalau Bende Mataram ke sumbernya saja, Ki, di gagakseta.wordpress.com. Di sana bisa saling bertukar sapa sambil memberi ucapan terimakasih kepada Ki Ismoyo.

  26. hadir Nyi…..
    terima kasih.atas kiriman rontal selama ini.

    (isi daftar hadir, duduk bentar, diem -ambil amplop-ngabur…mirip wakil ra’yat..)

    • bukan mirip ki, tapi persis, hehehe

  27. Sugeng sonten ki, nyuwun pirso …nyi…..

  28. Hadir……. Terima kasih buat smua bebahu padepokan yg telah mebuat padepokan ini makin hari makin besar…..

  29. Gandhoknya Ki Is,

    39 & 40 sudah bisa disruput…..maknyus.
    xi xi xi.

    • 8 buku lagi….

      ngenteni jilid 400 adbm

    • Ki Is pancen O yee

      • Sudah saya sruput semua jilid 12 episode 39, 40 dan 41. Aseli dari gagakseta.wordpress.com.

  30. Hadir Nyi

  31. Sepertinya, hari ini saya belum ngisi presensi.
    keasikan baca komen.
    Ki Arema Hadir…..

  32. Bolak balik kejegal Ki Asimet

    • Ki Akismet sudah lupa sama Ki Biting.
      Soalnya sudah lama tidak absen sih.

      • Memang luar biasa,
        Hari ghini 4 (empat) episode diunduh, benar-benar bisa menghilangkan dahaga dan malam minggu rasanya menjadi cerah…….luaaaarrrr biasa.

  33. hadir ki…

  34. Semalam malam Nyi Seno, Ki GD dan bebahu Padepokan
    Semalam semua Ki Sanak.

    ismoyo ngisi absensi dan hadir nyangkruk di padepokan.

    • Mestinya selamam malat, Ki Is… seperti pada:

      – udas grimin
      – nempus berar
      – kontos wedul (mana nih orangnya?)

      • Jari-jari kadang mlayu-mlayu dewe Ki Kombor.

  35. absen lagi setelah lama banget ga sebo padepokan.
    diakui ataupun tidak di akui sbagai cantriknya.
    walaupun lambat masih dalam suasana bulan syawal
    “mohon maaf lahir bathin” kepada seluh abdmers yg kenal ataupun tidak, jika selama gabung dan nimbrung ada membuat kesalahan.

  36. Ikut antri Nyi ….

  37. usul klo boleh…. bagaimana klo pasca ADBM seri ke IV
    di isi dgn karya SH.MINTARDJA yg lain…..kan padepokan masih terus berlanjut sampai kapanpun…. dari generasi ke generasi….

  38. “Jika sesuatu hadir dalam hidup kita dan menjadi sebahagian daripada kita, tetapi atas sebab tertentu ia terpaksa pergi, jangan terlalu sedih, terimalah kenyataan itu dan sekurang-kurangnya dia pernah membahagiakan kita..”
    “Hidup ini adalah warna-warni yang terlukis pada kanvas, walaupun mungkin tidak cantik ia tetap mempunyai sejuta makna”

    Perpisahan bukanlah akhir………….

    Benarkah perpisahan itu menyakitkan ? Terkadang perpisahan adalah salah satu jalan untuk menemukan jalan lain, atau perpisahan adalah sebuah awal yang baru, perpisahan yang bisa membuat kita menjadi lebih baik, namun adakalanya perpisahan harus dilakukan juga untuk membiarkan orang lain bahagia atau duka, walau hati dan perasaan adalah korban.

    Perpisahan mungkin selalu merenggut korban. Korban bagi yang ditinggalkan juga korban yang meninggalkan. Pada dasarnya semua korban tetap menyisakan perih, sakit, pedih, airmata, harapan, asa dan doa, dan juga keikhlasan.

    Perpisahan bukan sekedar sebuah kata atau kalimat pendek yang gampang diucapkan oleh setiap orang : “Dadag; Goodbye; Selamat Tinggal.” Tapi perpisahan menuntut hati dan perasaan untuk rela, ikhlas,dan sadar bahwa kita akan berpisah dengannya. Rela untuk meninggalkan dan ditinggalkan, rela melepas semua yang menjadi harapan sebelumnya, rela melepas semua kenangan agar tidak tetap terjebak akan sakitnya, rela melupakan semua kenangan indah yang mungkin tidak akan terulang lagi, dan rela melepas kebersaman dan kakraban yang selama ini telah terjalin.

    Berpisah bahagia…..atau…..berpisah perih dan pedih.
    Berpisah dengan orang tua, saudara, sahabat, seseorang yang istimewa, juga berpisah dengan cinta, hobby, kesenangan atau mungkin hanya berpisah dengan tayangan favorit, berpisah dengan malam, siang, and so on…etc…..etc.

    Perpisahan bukan mencari siapa yang kalah, siapa yang menang, siapa yang salah, siapa yang benar, juga bukanlah mencari pembenaraan dari satu atau banyak pernyataan. Tapi perpisahan bagai sebuah alat untuk pendewasaan, keikhlasan dan kerelaan untuk melepas sesuatu yang tidak mungkin dapat terus digenggam. Dan kita, akan selalu mengalami banyak perpisahan yang mungkin tanpa disadari telah mengikuti kemana telapak kaki bergerak dan berjalan menapaki kehidupan. Kita, akan selalu mengingat perpisahan yang meninggalkan banyak goresan, kenangan, kesedihan, kebahagiaan, karena perpisahan dengan alasan itu akan terasa sangat menyakitkan.

    Saat ini adakah kita akan mengalaminya? Perpisahan yang membuat airmata tidak dapat berkompromi untuk tidak menjadi saksi. Sanggupkah kita memutuskan untuk berpisah? Berpisah dengan doa, harapan, impian yang tidak bisa kita paksa untuk kita genggam, yang tidak bisa kita paksa untuk selalu tinggal, karena semakin kita memaksa ini akan terasa sakit.

    Memang terasa menyakitkan, tapi kita harus bisa menempatkan perpisahan ini agar kita mendapatkan asa yang lebih baik. Mungkin perpisahan ini adalah satu jawaban yang kita paksa menjadi sebuah pembenaran, mungkin perpisahan ini adalah melihat yang ditinggalkan menjadi lebih bahagia. Dan kita yakin saat itu kita juga akan merasa bahagia. Karena perpisahan bukanlah akhir. Tapi awal, awalan yang pasti akan membuat harapan yang lain……

    • 😥 😥 😥 😥 😥 😥 😥 …… 😀

    • terharu saya membaca ular-ular Ki Ismoyo.

    • Wah Eyang Ismaya bikin provokasi nih. Kalo bisa jangan dong Yang. Bisa nggak sih bikin wahana komunikasi model padepokan ini walaupun tanpa terbitan buku? Monggo lho yang tidak Gaptek seperti saya, mbok dibikin padepokannya. Rasanya terlalu berat jika harus berpisah dengan wejangan2 Eyang Ismaya, celotehan dan guyonan Ki Pandan Alas, ki Arema dan Ki Widura, canda nyrempet dari Ki Kombor Ki Kompor, Karya2 Mbah Man, nada genit dari Nyi Ken Padmi, walau akhir2 ini menjadi filosofis, ooh ada lagi Jeng Nunik, ……………. Nyi Seno yang garang, Ki Gede yang berwibawa, Ki Truno Prenjak dan Ki Sukra yang jarang berkicau tapi rajin membuat sarang, Ki Alfonso, Ki Amat, Ki Anatram, Ki Terangguk angguk, Ki Kontos Wedul, Ki Djojos, ……… Ki Ki Ki Nyi Nyi Nyi, ……… oh tak sanggup aku berpisah dengan kalian semua. Ki Ayam Sabung Sari, selamat ULTAH ya, ……………..
      J A N G A N ADA PERPISAHAN DI ANTARA KITA, ………

      • Bukan maksud menghendaki perpisahan Ki Truno, siapa sih yang mau berpisah. Ungkapan hati untuk mengetuk hati Nyi Seno, Ki GD dan Bebahu Padhepokan, agar kiranya tidak memutuskan secara paksa (tugel tel)tali ikatan bathin uang sudah sekian lama terjalin.

        bukan JANGAN ADA PERPISAHAN DI ANTARA KITA, kalau boleh seharusnya TIDAK ADA PERPISAHAN DI ANTARA KITA, tapi apa ya mungkin ? tiada yang abadi di dunia ini.

        Kalimat saya yang paling akhir :
        Karena perpisahan bukanlah akhir. Tapi awal, awalan yang pasti akan membuat harapan yang lain……
        Harapan yang mana ? tentunya semua kita berharap akan kelanjutan blog ini…maksudnya : perpisahan bukanlah akhir di adbm 396. tapi awal, awalan yang pasti akan membuat harapan mengetengahkan karya Ki SHM lainnya….masih banyak tokh.

        Begitu maksud uangkapan hati ismoyo, tentunya menjadi harapan kita semua para adbmers.

        Nuwun.

      • Kalau sampai saatnya nanti kitab 396 wedar, mungkin kita bisa lanjut di padepokan fb, Ki. Insya’ Allah di sana juga akan bisa dibangun suasanan seperti di sini.

    • 😥 😥 😥

      kalau perpisahan ini memang harus terjadi, bagaimana lagi.

      Kita memang hanya menunggu gong yang akan ditabuh oleh Ki GD atau Nyi Seno.
      terus…?, atau selesai…!

      Menunggu dengan deg..deg..plas..

      • Matur suwun ki…Truno..!
        Berpisah untuk bertemu kembali di padepokan lain…!
        Ki Arema mbok ndamel padeokan mawon ki…
        supadhos saged cangkrukan sareng-sareng..!

      • buat saya pertemanan adalah sebuah rizki.
        Siapa nyangka kita bertemu dan berkumpul disini…setelah terlantar…kehausan mencari ADBM lanjutan…persamaan inilah yang telah menyatukan kita..apapun status kita…dan…ternyata setelah kita berkumpul…masih ada beberapa kesamaan diantara kita, ini yang tidak lagi bisa dipungkiri dan benar memang kita akui bersama antara lain adalah pandangan kita terhadap nilai-nilai idealisme, dasar-dasar relegi kita dan tentunya bahasa humor kita yang tidak pernah menyakitkan, apapun dan kepada siapapun….meski kepada Ki Anoman sekalipun yang telah begitu tega menyentuh bahkan menusuk tajam…..perasaan kita….
        SEPERTI AIR YANG MENGALIR….kita menunggu dan menanti dimana berdiri bumi dipijak…
        (BERSAMBUNG)

        • teman senasib .seperjuangan, demi mengais sebuah kitab

          jgn sampe menghilang para cantrik setia di adbm..!!

          (BERSAMBUNG TERUS)

        • Diminta mengisi komentar yang bersifat untuk tetap berlanjutnya adbmers kurang antusias, disodori kalimat PERPISAHAN baru sedulur cantrik memberikan tanggapan komentar positif demi berlangsung nya padepokan adbmers ini :

          Memang perpisahan bukanlah akhir. Tapi awal, awalan yang pasti akan membuat harapan yang lain……
          Harapan yang mana? tentunya semua kita berharap akan kelanjutan blog ini, maksudnya : memang perpisahan akan berakhir di adbm 396. Tapi merupakan awal, awalan yang pasti akan membuat harapan…..harapan mengetengahkan karya Ki SHM lainnya…..masih banyak tokh.

          Itulah yang dimaksudkan, tentunya menjadi harapan kita semua para adbmers.

    • Ternyata, Ki Gede, Ki dan Nyi Senopati, Para Pandega dan Penegak padepokan ini memang sudah membuat karya besar. Bukan saja karena dapat menampilkan ADBM secara utuh, namun lebih dari itu, membangun padepokan yang asri, dialiri oleh percikan air yag jernih, dihiasi tetanaman yang hijau dan trubus, diramaikan ternak dan ingon, serta diisi cantrik-cantrik yang berilmu.
      SELAMAT!

      • Walaupun terkadang ada saja satu dua babi hutan yang menerobos, menerjang tatanan dan paugeran yang sudah rancak asri.
        Walaupun akhirnya babi hutan itu mati digebugin warga yang marah, namun hal ini membuat semangat kebersamaan terasa hidup subur dihati para cantrik padepokan.
        Walaupun seandainya perpisahan itu sudah tak terelakan lagi, namun banyak hal dapat ditimba dari pergaulan panjang ini.
        Walaupun, terkadang ada cantrik yang tidak sabaran menunggu wedaran kitab, sehingga akhirnya memutuskan untuk keluar dari tata pergaulan padepokan.
        Walaupun terkadang ruang padepokan dihiasi dengan kata2 bijak nan bestari, namun tak kurang tingkah pokal cantrik mbeling juga mewarnai lantai pualam nan asri peni.
        Walaupun sampai detik ini sebahagian besar cantriks belum mengenal secara pribadi punggawa utama padepokan ini, yaitu Ki Gede dan Nyi Senopati, karena memang disengaja sejak semula menyamarkan diri, sebagaimana para cantrik juga kebanyakan memakai nama samaran, ……… namun kondisi ini tidak pernah mendegradasi pengaruh magis bagi para cantrik untuk berebut tempat terdepan guna mengantri wedaran terbaru setiap jilidnya.
        Walaupun, ………..
        Walaupun, ………..
        Walaupun, ………..
        BERSAMBUNG, ………..

        • Kulo mboten sok nerobos paugeran lho Ki Truno, piyantun saking Bekasi niku kalem-kalem, alus-alusan lembut pituture.
          Walaupun demikian apabila ada yang kinyis-kinyis tanyalah kepada Ki PLS.

          • Ki Djojosm mboten nebras paugeran, kula sarujuk. Benten kaliyan kula piyambak ingkang remen dumateng pager ayu. Ning saestu, kula mboten ngrisak pager ayu. Saestu…

  39. Adakah yang punya ebooknya “Banda Neira”? Trilogi dengan setting zaman belanda/inggris di tanah air khususnya di Banda Neira.. Saya pernah ngikutin Cerbung-nya di Kompas, tapi banyak bolong-bolongnya. Sekarang novelnya sdh sulit dicari..
    Ayo, dari pada berpisah kita upload lagi buku2 yg lain… Saya akan setia mengunjungi website ini (meskipun jarang sekali kasih komen). tenkyu semuanya..

  40. soyo suwih soyo maknyush..untuk hal2 tertentu…

  41. Bangun lagi..tidur lagi..bangun lagi…tidur lagi…..banguuun !…Tiiidur lagi !

    • Apanya tang bangun kiiiii, jangan sering bangun bangun

      • Pitik jagonya Ki yang blm bangun ! soalnya msh blm wayah sepi uwong …nanti nunggu kokok jago yang pertama…mungkin semua bangun lagi.

        • YEN DIELUS ELUS JAGONE PASTI TANGI…!!!!

          • Ngelus-elus kok wayah esuk ….. yo ora ono musuhe tha?
            Lha wong PITIK yen wis kalahan … wanine mung gawe SERANGAN FAJAR ….. hiks …

          • huakakaaa serangan fajaaaar ….

            • ingih ..betul..jago kluruk yen wes wayah subuh….

              mari kluruk terus nyemplung empang bareng2 karo babone

              hihihi…

              • ra parenk nyaru ki…

                • mboten ki PA niku ayam bener kok..?!!

              • kulo nyempil ayame setunggal njih…

                dereng nate nyemplung empang je….

                • sing pundi..?

                  jago opo babon??

                • wah…!rak tenan aku kawanan…Sugeng enjing sedoyo !

                • sing single……….

                • Anak-e wis limo, kok isih golek sing single. Opo arep nyaingi Nordin M Top, tha?

                • namung nyempil ki….

                  sekedik kemawon

  42. selamat malam sedayanya……..kemawon

  43. Kalau komen para cantrik dihimpun lalu diterbitkan sebagai antalogi-komen saya usul agar dibagi menjadi dua buku. Komen yang serius dan filosofis bukunya diberi judul ” SEBELUM MATI, BACA DAN PELAJARI BUKU INI ” sedangkan komen yang nakal dan jenaka judulnya ” KALAU MAU MATI SAMBIL KETAWA, BACA DULU BUKU INI ” Hayo ada penerbit yang mau terima tantangan ? Nyuwun duka Nyi Seno, mbok bilih mboten rena ing penggalih.

  44. saya rasa bila kitab rontal adbm berakhir, tidak otomatis padepokan juga bubar…
    masih akan banyak yang keluar masuk padepokan
    termasuk para cantrik baru
    atau cantrik lama yang nengok ke sini
    masih bisa kita saling menyapa kalo kangen..
    masih bisa kita bertegur sapa…
    dan masih mungkin ntar nyi seno wedar kitab baru..
    nama tetap adbm..
    isi bisa bmdm,pdls,bmtrm.., atau mungkin scan komik2 lama – macam karya ganes th, teguh s,jan mintaraga, djair warni ponakanda,
    bisa juga karya lama era pujangga baru…
    terserah ki ismoyo aja deh…, eh ki arema juga…
    itu juga kalo nyi seno berkenan……..

  45. issuenya sih ki pandan rencananya mau berkolaborasi sama ki alas bikin ‘mati ketawa ala adbmers’

    • mboten parenk nyebar issue ki….

      guyonan + gegojegan kulo mboten parenk dipun betho ngantos sedho….

  46. Diperlambat gak apa-apa nyi seno,sambil menyiapkan kelanjutan padepokan ini…

  47. Ayo dha tangi,
    Nyi Seno udah bangun cethik geni dari tadi
    😀

  48. karena :

    ❗ memperpanjang usia blog ini,
    ❗ memberi kesempatan kepada para pengunjung blog untuk memberikan masukan, ide, usulan, sebanyak-b

  49. sepuntene nyi, kulo mboten saget ngisi buku absen, pripun tooo

  50. Wah.. kawanan aku…! pitike wis sobo kabeh..Sugeng enjing sedoyo kemawon…sementara itu saya mau ngedusi manuk dulu ..kemudian absen lagi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: