Buku IV-85

385-00

Laman: 1 2

Telah Terbit on 25 September 2009 at 04:23  Comments (132)  

The URI to TrackBack this entry is: https://adbmcadangan.wordpress.com/buku-iv-85/trackback/

RSS feed for comments on this post.

132 KomentarTinggalkan komentar

  1. Hadir no 1

    • Ketawanya mesti disini 😆

      • nomer siji

        • nomer lara maning

          • Nomer telo

            • Hikkk telo singkong yaaa

              • siji setengah loro

                • Kayak wong Palembang bilang tengah duo itu artinya satu setengah

                  • setengah lara

                    • setengah lasetengah lare

  2. Nomer satu 😆

    • Nomor 1 nya sampai 3 kali, Ki…

      • Lama tidak bisa nomer1

    • Nggih Ki…
      Diakui panjenengan Nomer siji tenanan…

  3. Ki Ubaid monggo dipadosi Nyi Seno.

    • Teriaknya yg keras Ki,
      Ki Ubaid itu yg bergelar Pangeran Sabrang Lor? to?

      • lho ,,, masih ada to Ki? bukankan di buku-iv-85 sdh dikalahkan sama Sekar Mirah? 😆

      • Pangeran Sabrang Lor? Wah…

    • Nggih Ki Honggopati..
      Suwun Nyi Seno…jadi tersanjung ni..
      Maaf bisanya 2 hari sekali bisa tengok padepokan, maklum lagi lebaran di Ku-Ching, Sarawak.
      Maklum istri dari sono hehe..
      Tiap hari kerjanya jadi sopir antar sono sini…ke Semera, stapok, batu kawa, samarahan dll kadang nyebrang feri…
      Maaf lahir batin…

      • Ki Ubaid, lokasi Ki Ubaid dekat dengan Lahad datu apa nggak ? dulu saya sempat main di Lahad Datu 3 bulan, jalannya dari Kinabalu, kadang mampir ke Tawau dan Nunukan.

        • Lokasi saya di Batu Kawa ki tmulyono, sekitar 20 km dari bandara ku-ching. Kayaknya jauh dengan lahad datu, apalagi kalo jalannya dari kinabalu.

  4. Lumayan, No 4.
    Masih masuk 10m besar

    • Dakem kinten Ki Saba Lintang sampun ‘sedo’ ….
      Ooo puniko Ki Saba Lintang Anom, tho …..
      Nuwun Sewu … lho

  5. antli

  6. melu

  7. Kitap Hampir HABIS

    Lalu apakah kita akan berpisah begitu saja ????

    Apa yang dapat kita lakukan????

    • Ber doa

  8. Nderek antri

  9. Setelah Ki Saba Lintang yang malang melintang menghantui beberapa puluh jilid adbm tewas dengan cara yang kurang mengesankan, peristiwa apa lagi yang akan terjadi di telatah Mataram selanjutnya ?

    Rasa-rasanya hati ini semedot menjelang diwedarnya kitab-kitab Pamungkas ADBM yang tinggal 11 kitab itu….hiks…Mudah-mudahan segera dilanjut pula dengan kitab-kitab yang lain seperti Pelangi Di Langit Singasar (Mahesa Agni ?) atau kitab SHM lain yang berjilid panjang….

    Kyai Ubaid, Nopo panjenengan tumut kalian Ki Ageng Gajah Sora nderekaken Pangeran Sabrang Lor Rikolo semanten ?

    • setuju ki, … sekaligus saya usulkan kepada para bebahu untuk tetap mempertahankan kemurnian blog ini, tetapi dengan memberikan tautan (links) menuju blog-blog kitab mpu sh-mintardja lain yang dibuka kemudian.

      akan lebih baik lagi jika blog ini bisa menjadi “portal” bagi seluruh kitab sh-mintardja.

      semoga bermanfaat.

    • Nggih mboten to Ki..kulo namung Penumpang Nyabrang Ngalor kok hehe…

  10. Iya, ya koq matinya SabaLintang cuma begitu. Dan kenapa pertempuran AS dng guru Saba Lintang seolah-olah tidak mendapat apresiasi dari Sultan.

    • Iya Ki Honggopati…
      Tapi bisa dimaklumi karena sultane isih enom, jam terbangnya masih rendah utk ngurusi yg gitu2… dan memang kewajiban AS utk menang.

    • Jangan terlalu yakin kalo Saba Lintang sudah mati Ki, sebelum dilakukan tes DNA.
      😀

      • Soalnya … waktu orang itu roboh, ada yang nanya, “Apakah Kamu Ki Saba Lintang,? Maka orang yang terluka itu bilang, “YO.”

    • Jangan terlalu yakin kalo Saba Lintang beneran yang mati Ki, sebelum Test DNA selesai dilakukan

  11. antri makasih kitabnya

  12. asyiek…kayaknya sudah mulai grenseng lagi nih ! Saya ternyata sudah nomor belasan…..

  13. Rara Wulan lawan siapa itu ya?

    • Ternyata bangun tidur sudah ada 384 nya, bagaimana 385 ki

    • Rara Wulan lawan GP…..

      • Pake jurus pendekar naga mas

  14. yang namanya ki bajang yang gak mati mati kok gak mati mati yaaa

  15. Sepertinya Ki Ubaid sedang berlabuh,…

    • Iya Ki…berlabuh di negeri jiran…
      Sabtu malem ini dah balik jakarta sendiri..istri dan anak masih tinggal

  16. Sugeng enjang poro sanak poro kadang, sampun sakwetawis kulo mboten sowan ing padhepokan mboten nyono bilih ngudaring ngelmu tinggalanipun ki SH Mintardja sampun bade kemput. Matur nuwun sanget dhumateng sedoyo kadang engkang sampun ngentengaken sarira maringi piwucal. Dene meniko taksih mlebet wulan syawal, milo kulo ngaturaken sugeng riyadi, lan nyuwun gunging pangaksami mbokbilih wonten sisip sembiring lathi…eh seratan saksampunipun ing sakwetawis meniko nderek ngenger ing padhepokan meniko. Nuwun.

    • tolong diterjemahken,mudeng kulo boco komentar kisanak…..
      kalau boleh tahu, ini kelas bahasa jawa apa, kok enggak ada kata yang saya kenal…..

      • Tak coba bantu ya Ki GP ?! Semoga gak salah. Selamat pagi para sedulur, sudah agak lama saya tidak hadir di Padhepokan, tidak mengira bahwa ternyata penelaahan ilmu peninggalan Ki SHM sudah hamoir usai. Terima kasih untuk para sedulur yang sudah membantu memberi pelajaran. Karena masih masuk dalam bulan Syawal maka saya mengucapkan selamat Idhul Fitri, dan mohon maaf kalau ada omongan yang keliru, eh tulisan setelah beberapa saat ini ikut nimbrung di Padhepokan ini. Makasih. Hwadhauh, nganti kringeten aku, wedi yen didukani para Pinusepuh amarga kleru kabeh !!!

        • Oh iya ketinggalan, kalo kelasnya mungkin kelas Bantam, hampir masuk kelas Berat !!!!!!!

          • @ ki GP : maaf loh ki GP saya cuma pengin ikut matur, mosok tiap kali cuma ngunduhin kitab dan ga pernah bersuara ga enak saya…he….he…he…baru kelas capung mas.
            @ ki Gembleh : walah-walah pakai pura-pura bingung men-translate, wong pas semua gitu loh. banyak lo ki di jogja (yg saya tahu, ga tahu kalo di daerah lain) dari lahir hidup di bumi mataram, tapi enggak bisa boso, jangankan boso kromo inggil wong kromo kasar aja ada yang plegak-pleguk, ini disebabkan dari lahir sama orang tuanya udah diajak ngomong bhs Indonesia. makanya saya berani-beraniin ngisi komentar disini pakai kromo inggil mudah-mudahan bisa melancarkan dan me-refresh kemampuan boso alus. Mungkin dengan demikian walaupun kita sudah merantau keluar dari daerah asal, tapi masih bisa menterapkan tradisi daerah asal termasuk didalamnya boso jowo alus. Nuwun.

  17. Hadir untuk lontar 385 Nyi.

  18. wilujeng siang ka sadayana…. ngiring antri….

  19. Hadir…

    • Kenapa ya..?? kalau mau bertempur selalu ngobrol ngalor-ngidul dulu, kenapa gak langsung dess..dess..buk..

      • ceritanya segera tamat ki.

        • Awalnya kan mungkin kenalan dulu, sopo ngerti isih sedulur… jadi wurung perangnya..

        • ceritanya belum lah tamat .. hanya rontal adbm-nya yang akan berakhir ….

      • berarti tahu bedanya dengan cerita Kho Ping Ho ya ki??

      • Jaman itu belum ada HP, jadi nggak bisa SMS-an

  20. ************ SUGENG RIYADI *******

  21. kayaknya ki ubaid masih dilautan dech nyi..
    ga pengen balik, nanti diminta ngganti popok ama nyi ubaid..heheheheh..
    piss ki..
    🙂

    • Weee..salah Ni Nunik
      Gi di Ku-Ching nih

      • Menunggu wangsit dari Ki Ubaid..

      • la ini Ki Ubaid sudah muncul ,,, bawa kitab enggak Ki?

      • Ki Ubaid,

        Selamat Hari Raya, maaf lahir dan bathin
        selamat kembali ke darat, kumpul keluarga
        dan selamat kumpul lagi dengan adbmers.
        Mendapat undangandari Nyi Seno, dan telah kembali ke darat, sebentar lagi kitab diwedar.

      • hehehehe…
        ga ketemu nyi seno dilautan dong ki..
        makasih qtabnya yach..
        trus salam buat nyi ubaid (disuruh ki widura tuch), moga ntar kalo balik ke jakarta ga bawa kucing.. apalagi kucing garong..hehehehhe..
        piss nyi..

        makasih juga nyi seno..
        😀

      • Monggo to ki anatram, ki joe, ki gagak seto kaliyan ni nunik.
        Nembe dugi jakarta kulo, langsung tengok padepokan.
        Iya ni nunik, ga bawa kuching kok. ntar minta jatah ikan asin tiap hari.
        Disampekan salamnya , 2 minggu lagi dia baru balik jkt.

  22. terima kasih, kitab 384 sudah didapat, nanti malam dipelajari.
    sekarang antri untuk yang ke-385.

  23. antri

  24. isi daftar hadir (siapa tahu dapat honor)

  25. Betul …. supaya tidak dapet SP ….

  26. antri juga

  27. Mulai hitung mundur 11 …………….

  28. Wedhar kitab 385-nya nunggu saya selesai baca kitab 384 ya. Tadi pagi baru sempat ngundhuh saja, belum sempat baca sampai saat ini.

    Pasti yang sudah sakaw pada marah nih, wkwkwkwkwk…

  29. sepertinya belakangan ini si SUGENG jadi ngetop ya, hehehe

  30. la iyaalah Ki Kombor, wong saya 384 sudah selesai tadi pagi habis subuh. masak ya harus nunggu besok lagi baca 385 nya. Nanti nggak naymbung dong. Hee. he
    Salam kenal Ki Kombor.

    • Salam kenal, Ki Honggopati.

      Tenang saja, Nyi Seno tahu saat yang terbaik untuk medhar kitab. Silakan Ki Honggopati tunggu. Saya akan cepat-cepat menyelesaikan kitab 384 supaya bisa langsung baca kitab 385 pada saatnya.

      • Ternyata kitab 385 belum tersedia saat saya sudah selesai baca kitab 384.

        Nyebar godhong koro…

  31. aduh Nyisyang sekali kalau Kitab ADBM harus berakhir.hmm hmm

    • Ada awal …, pasti ada akhir …, kalau cerita harus berlanjut terus, pengarangnya juga berlanjut… maksudnya gantian dari bapaknya ke anaknya .. terus ke cucunya, jadi ceritanya nggak putus2..

      • hmm,memang benar kiDamar,Kita tidak boleh kehilangan kekang diri dan menyadari hal tsb.tetapi mudah-mudahan ada penerus Rontal Adbm

  32. trima..kasih
    kitab sampun diwhedar…

    • Benar Ki..??

      • ki kompor sama ki kombor apa masih saudara ya???

  33. Ki Kombor kan tukang ngomborin eh ngomporin hikkk

  34. Ki sanak semua

    Miturut hemat saya, Serial Api di Bukit Menoreh ini sebenarnya sudah tamat ketika Sidanti dan Kiai Tambak Wedi tewas.Paling tidak itu pakemnya. Jilid-jilid selanjutnya agaknya hanya lakon carangan saja. Tapi disinilah letak keunggulan Ki SHM kelancaran bertutur dan pengetahuannya yang dalam tentang sejarah dan sastra jawa kuno membuat kita selalu terpesona. Wallahu alam bi sawab..

  35. absen pagi…..

  36. sudah wedar kitab apa belum ya……

  37. ikutan..

  38. ki Widura,..udah lah,..jawab aja pertanyaan Senopati ityu..”maasiiiiiih”,..begitu..biar cepet diwedar,..hihihi

  39. Nyi Seno,

    Ki Ubaid sedang melaut. Selama di laut access ke ADBM diblock, jadi …. nJenengane tidak bisa respond. Selama ini Nyi Ubaid yang selalu ngunduhkan dan kirim paket ke Ki Ubaid …..
    Maka para adbmers sebaiknya kasih selamat kepada Nyi Ubaid.
    Nyi Ubaid, Sungeng Riyadi! Sugeng dahar juga …
    Nyi Seno, monggo diwedar sak puniko kemawon ……

    Matur Suwun … 😛

    • iya dech..
      happy ied di ku-ching ya nyi ubaid..
      di sana ada sungkeman sama bagi2 duit ga ya???
      mau dech kalo ikutan dibagi-in..hehehehehhe..

      slamat datang kembali ke jakarta ki ubaid, bawa kucing gak???
      😀

      • Iya Ni..Disana ada bagi2 angpao buat anak2, isinya kadang 5 ringgit. Kalo yang berduit 10 ringgit.
        Lumayan, karena saya bawa anak jadi sering terima angpao hehe..
        Ku-Ching ga bawa ni, cuma patungnya aja

    • Sebetulnya saya lagi libur lebaran sampe selasa ini kok Ki, jadi engga ke laut, tapi nyebrang laut.
      Ki Widura masih ingat ya kalo istri saya selalu yang kirim kitab kalo pas saya ke laut. Betul Ki di laut ga bisa access, tapi bisa terima email.
      Sugeng Riyadi ugi, mohon maaf lahir batin

  40. Thanks

  41. mkakasihh

  42. Mantabs….sedoooot….Nuwun Nyi

  43. telima kasih

  44. Bubar subuh moco 385, karo ngopi wah nikmat tenan.
    Matur nuwun Nyi Seno.

    • Leres to, Ki. Ditilar sare malah njedhul kitabipun.

      Matursembah nuwun Nyi Seno.

  45. matur suwuuuuuuuuuun ….lauuuuutttt

  46. Pagi-pagi sarapan pake lauk ikan Laut
    Terimakasih 😀

    • iyo alhamdulillah hasile Ki Ubaid mancing

  47. laut laut

    • ternyata ada harta karun di dasar laut.

  48. Terima kasih

  49. trims ki sukra, ki gd, nyi sena, ki mbodo, ki tumenggung sepuh, ki arema, ki truno cs., ki herry, ki julius, nyi retma, sapa maneh ya… lali tenan aku… pokoke lan para bebahu padepokan sedaya…

  50. ada yang bisa bantu, gimana caranya ngunduh. aku kok ga bisa-bisa yo? trims


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: