Buku III-90

290-00

Laman: 1 2

Telah Terbit on 5 Juli 2009 at 00:01  Comments (207)  

The URI to TrackBack this entry is: https://adbmcadangan.wordpress.com/buku-iii-90/trackback/

RSS feed for comments on this post.

207 KomentarTinggalkan komentar

  1. Absen ya

    • Pokoke ngisi absen dulu, mana kok pada sepi

      • Monggo KI

        • Absen disini juga ah…

          • saya juga

            • melu ki jogotirto…sopo ngerti entuk kiriman jagung…hiks

              • Kudu diijoli jambu.

              • jambune namung tinggal setunggal ki…sakniki malah dipun imbu kaleh tiyang sanes….hiks

    • Pertemuannya akan diadakan dimana Ki Adji?

      • Ki Widura,

        Saya juga tidak tahu Ki, cuman di gendok berapa gitu ada yang saran mau temuan, apa jadi (cuman nanya aja).

        Ki Widura kirimi oleh-olehnya ya,

        • NJiih, Kulo badi email ke nJenengan … apa alamatnya?

    • Melu absen

  2. Ikutan absen …..

  3. Sudah Kitab 290 ? Wah wah wah….kapan Kitab 153 dan seterusnya diwedarkan versi retype ya ?

  4. Eh…, wis dibuka to.

    Selamat pagi semuanya.

    Nginguk thok, terus pamit.

    • Selamat pagi juga Ki Arema, pamit juga ah

  5. MALAM MINGGU

    Malam minggu datang lagi
    Kekasihku nggak di sini
    Kucoba membunuh sepi
    Malam tambahi undang sunyi aku cuma sendiri

    Malam minggu nongkrong lagi
    Cari teman biar nggak sendiri
    Tapi semua udah punya janji
    Dan satu-satu merekapun mulai pergi

    Oh, malam minggu datang lagi
    Malam yang bosan lagi
    Malam minggu,
    Malam minggu datang lagi
    Malam minggu yang sepi
    Malam ini sendiri

    Malam minggu , eh, datang lagi ?!
    Sering aku begini
    Penuhi dengan energi dalam hati
    Kupendam sendiri

    Malam minggu yang kali ini
    Masabodoh aku nggak peduli
    Sama sitar, temani bernyanyi
    Teriak-teriak sampai pagi menghibur diri

    slank

    • Kok sedih betul Ki Ismoyo,

      opo lagi ditinggal liburan Ibu e.
      khan sekolah lagi liburan Ki ha.. ha

      • Liburan nggak kemana-mana Ki,

        biyung bocah justru sibuk jadi panitia penerimaan murid baru, dan mempunyai tugas membagi penempatan murid dari kelas sampai kelas enam.

        Saya sudah pesan buku :
        1. Matahari esok pagi dan
        2. Bunga di batu karang
        mungkin tak lama lagi kiriman nyampe.

        Sementara Bende mataram lagi dicarikan, katanya susah Ki.

        • Wah kalau berkenan, mbok kulo dherek2 nempil.. Tapi kapan2 kemawon, mangkeh menawi Ki Ismoyo sampun rampung..

          Nuwun sakderengipun…

          • Mudah-mudahan Ki,

            nyampe saya bagi, atau saya upload di facebook…

    • kitab belum datang lagi
      pamit undur diri
      hadir kembali esok pagi
      rontal iii-89 wedar dini hari

      hi hi hi hi hi

  6. mumpung esih angetttttttttt

  7. absen…juga..

  8. Ikut hadir Juga

  9. Nyuwun sewu Ki / Nyi ingkang sampun maos Kitab ADBM dugi tataran ingkang inggil. Kulo nembe dugi Kitab 152. Badhe taken sekedik pertempuran tokoh Kakang Panji dg grup Kiai Gringsing diwedarkan dlm Kitab berapa ya? Tmkasih pencerahannya.

    • @ Panembahan Emprit

      Panembahan dapat membaca kematian Raden Panji di buku 172. Monggo Ki. Saya sedang di gandok 289.
      Salam

    • Wah…, harus bukak satu persatu Ki.

      Pada peperangan Pajang melawan Mataram, mulai jilid 65 sampai puncaknya (minggalnya Kakang Panji melawan Kiai Gringsing) di jilid 170.

      Mengingat retype yang terhenti, tidak tahu sampai kapan, mengapa Ki Panembahan Emprit tidak belajar dengan dejavu?

      Biar dapat bergabung dengan kami.

  10. antri lagi

  11. Apa yang diharapkan… apa yang keluar…..

  12. antli

  13. Assalamualaikum.
    Sugeng enjang, Selamat pagi, cantrik sedoyo. nderek antri.

  14. Ikut absen juga ….

  15. Langsung absen setelah menyelesaikan iii-89…

  16. turut … absen..yg kesekian….
    makasih atas kitabnya…..

  17. Absen lagi…

  18. ngapunten…nderek absen

  19. hadir, pada hari minggu , hari yang ditunggu soale libur ๐Ÿ™‚

  20. Hadir Ki..

  21. Hadir….

  22. Hari gini,….
    Antri, mas……

  23. Aku ikut nungguin Ki Jayaraga sak rombongan di depan regol Ki Suracala kok ya nggak datang2.. Jalannya apa pelan-pelan, apa keasyikan mampir beli dhawet ya..

    Soale biar persoalannya tuntas, jangan sampai ditunda-tunda lagi..

    • ya harap maklum, kan di rombongan ada SM dan PW, jadi ya agak lama nunggu berdandan dulu.

      Modalnya orang nunggu itu kan sabar, iya kan Ki??

      He.. He.. He..

      • Pepatah mengatakan :

        Sabar iku luhur wekasane

        • Sabar itu bersedia menerima apa adanya sesuai porsinya atau usahanya masing-masing. Sabar itu tanda jiwa yang tumaโ€™ninah dan salah satu ujud rasa syukur, maka Alloh SWT kasih terhadap orang yang bersabar. Tidak โ€œnggege mangsaโ€ mencari jalan pintas sebelum sampai waktunya atau gilirannya.

          Sabar, bukan berarti harus pasrah dan menyerah. Harus ada usaha, ikhtiar untuk mendapatkan sesuatu yang halal misalnya, sabar itu tidak hanya berdiam diri saja tanpa ada usaha. Apabila dikatakan kok tidak berusaha, lantas jawabnya โ€œyang penting sabar, orang sabar itu luhur pada akhirnyaโ€. No way, itu bukan sabar, tapi kurang ajar.

          Makna sabar, tetap tegar menghadapi berbagai cabaran hidup. Sudah berusaha kesana-kemari tapi belum berhasil, ya tetap sabar, maksudnya tidak terus patah semangat tapi mencoba lagi. Jika berjalan tersandung tidak harus berhenti, tetapi terus berjalan, kalau sampai jatuh, terus tegak bangun lagi, jika gagal lagi, coba lagi dengan usaha yang lebih sempurna atau ganti haluan. Pokoknya pantang menyerah, itu artinya sabar sejati. Pepatah jawa mengatakan โ€œsabar iku dudu mung thengak-thenguk nang cakruk ngarep-arep bisa nemu gethuk sak pincuk…..hi hi hi

          • Inggih.. Ki Jogotirto lan Ki Ismoyo.. sabar luhur in wekasane, sabar mboten namung thethenguk kemawon..

            Leres yen sabar niku kedah dipun rencangi kalih laku..

          • Sabar…., mudah diucapkan…
            Tetapi, kadang sulit diterapkan.
            Pengalaman saya begitu ki.
            Apakah Ki Ismoyo juga demikian?

            • Sama Ki,

              Tapi karena sudah umur
              mencoba dan berusaha mengendapkan diri…,
              di sawah banyak yang nyangkul sekitar 300 sifat dan watak, disini belajar untuk bersabar, walau terkadang tarik nafas panjang dan ngelus dada…he he he.

          • Sabar itu resepnya penduduk Jakarta nek menghadapi macet. tapi buktinya penduduk Jkt banyak yg stres, berarti lebih banyak yg tidak bisa menyikapi keadaan..Termasuk nunggu kamar 290 dibuka yo kudu sabar, kata Ki Ismoyo.. nggih to Ki..?
            “Sabar iku enggaring ati anggone momot samubarang kahanan kang owah gingsir. Ibarate koyodene samudra kang ora bakal mbludak kebyukan maewu-ewu kali..,”

        • sugeng enjang, seingat saya :

          wani ngalah, luhur wekasane

          mana yang benar ki?

  24. Sinambi nengga wedaring kitab

    Apa Jenenge ?

    Wektu
    Watara jam 06 esuk diarani : Byar
    Watara jam 09 esuk diarani : Gumatel
    Watara jam 10 esuk diarani : Pecat sawet/Wisan gawe
    Watara jam 12 awan diarani : Bedhug
    Watara jam 02 awan diarani : Lingsir kulon
    Watara jam 03 awan diarani : Ngasar
    Watara jam 05 sore diarani : Tunggang gunung
    Watara jam 05:30 sore diarani : Tiba layu
    Watara jam 06 sore diarani : Magrib/Surup/Sandikala
    Watara jam 07 wengi diarani : Ngisak
    Watara jam 09 wengi diarani : Sirep bocah
    Watara jam 11 wengi diarani : Sirep wong
    Watara jam 12 wengi diarani : Tengah wengi
    Watara jam 01 wengi diarani : Lingsir wengi
    Watara jam 02 wengi diarani : Titiyoni
    Watara jam 03 wengi diarani : Jago kluruk sepisan
    Watara jam 04 wengi diarani : Subuh/Jago kluruk kapindho
    Watara jam 05 esuk diarani : Saput lemah/Parak esuk

    ana candhake

    • Wadu Ki Ismoyo akeh banget pengetahuanne..
      Aku dadi tambah faham, opo bedane wektu2 jaman semono.
      Suwun Ki…

    • Wah, aku mbiyen pelajaran basa jawa kok nggak diwulang kaya ngene ya ๐Ÿ˜ฅ
      Sik tak tulise nang primbonku.

    • Absen lagi sekalian belajar sama Ki Ismoyo,
      dikit-dikit lama-lama kan banyak juga ya Ki,
      izin copy paste Ki.

      maturnuhun

    • Kalo matahari naik ke sepenggalah, kira2 jam berapa Ki..? Apa mungkin jam 8 pagi ya?

      • Wektu dhuha?…

      • Waktunya shoalat Dhuha, Ki.

        • yang dimaksud “sholat”

          driji senengane kok blusukan….

  25. Kemarin saya mencoba menanyakan (main tebak-tebakan) berapa usia AG sebenarnya dalam jilid diatas 200 ini.
    Sekarang marilah kita hitung agar sadar bahwa cerita ADBM ini adalah murni cerita carangan dari SHM.
    Terlepas dari itu saya tetap menngagumi hasil karya Empu SHM tersebut dan kecanduan juga. Inilah hasil etung-etungan logika saya usia AS.

    MENGHITUNG USIA AGUNG SEDAYU.

    1. Arya Penangsang meninggal tahun: 1549. Dengan asumsi sisa-sisa laskar Jipang ( Tohpati Cs) 2 tahun terus berperang berarti kurang lebih Tahun 1550-1551 cerita ADBM dimulai.
    2. Menurut pendapat Ki Arema, Agung Sedayu saat itu berumur + 17 tahun, saat berangkat menyelamatkan Sangkal Putung.
    3. Madiun jatuh adalah tahun: 1590. berarti Agung Sedayu saat itu sudah bermur : 17 tahun + 39 th = 56 th. Yang berarti sudah tidak muda lagi.
    4. Pada tahun 1600 terjadi pemberontakan Adipati Pragola dari Pati, (ADBM Jilid 290) berarti saat itu Agung Sedayu sudah berusia + 66 tahun.

    Benar dan tidaknya sumonggo, wong ini hanya otak atik gatuk.

    • Ha ha ha ….

      Rupanya Ki Honggopati masih penasaran dengan skema waktu.
      Begitu ya ki. Kalau Ki Honggopati merujuk peristiwa sejarah, saya percaya saja.
      Pada waktu AS berumur 20 tahunan, Glagah putih berumur 10 tahunan.
      Jadi, pada saat perang dengan Pati Glagah Putih, sudah berumur 56 tahun.
      Padahal waktu itu dikatakan masih muda dan belum menikah.
      Eh…, perang melawan Pati belum diwedar ya, maaf kalau spoiler sedikit.

      Suwun Ki atas penjelaannya.

      • salah satu alasan saya, tidak sependapat dengan KI GEDE, karena beliau belum pantas disebut MAESTRO seperti yang diproklamirkan ki Gede di Gardu paling depan

    • Mantap Ki Honggopati.

      Bisa dibandingkan dengan James Bond 007 yang dari zaman saya kecil si Jimbo kira-kira berusia 30-40an, sampai sekarang si Jimbo masih berusaha 30-40an.

      • Apalagi crito Si Unyil dan Doraemon malah gak ada umurnya…Namanya juga crito “carangan” kata Ki Dalang Narto Sabdho,..”Perak ginawe adoh, adoh ginawe perak..dok..dok..dok”

  26. Hari ini, saya duduk manis di pojok, ikut menunggu diwedarnya lontar Ki Truno Prenjak.

  27. Wah covernya pink ๐Ÿ˜ณ

  28. Absen…….

  29. kalau saya si ingetnya pilm si unyil jaman saya kecil dulu…ujian terus tapi gak lulus lulus,,,hehehe….yah begitulah cerita,,,
    toh nyatanya saya tetep kemrungsung kalau kitab lama keluarnya…
    absen…dan maturnuwun untuk semuanya,,,

    • Saya nggak mau kalah sama Ki Honggopati ๐Ÿ˜›

      MENGHITUNG UMUR KI SAID

      1. Film si Unyil rilis tahun 1982.
      2. Kalau masih ingat nonton Unyil berarti sekitar 6-7 tahun
      Berarti usia Ki Said = (2009 – 1982)+ 6 = 33-34 tahun

      Benar enggak Ki ? :mrgreen:

      • ha ha ha….
        banyak yg pinter petung ternyata,,,,,

  30. Anak Kewan
    Anak Asu : Kirik
    Anak Ayam : Kuthuk
    Anak Angkrang : Kroto
    Anak Bandheng : Nener
    Anak Bantheng : Cendhet
    Anak Babi : Gambluk
    Anak Baya : Rete
    Anak Banyak : Blegur
    Anak Bebek : Meri
    Anak Bulus : Kethul
    Anak Cecak : Sawiyah
    Anak Celeng : Genjik
    Anak Cacing : Lur
    Anak Coro : Mendhet
    Anak Dara : Piyik
    Anak Emprit : Indhil
    Anak Gajah : Bledhug
    Anak Garangan : Rase
    Anak Gangsir : Clondo
    Anak Gagak : Engkak
    Anak Gemak : Drigul
    Anak Gundhik : Rayap
    Anak Iwak : Beyong
    Anak Jaran : Belo
    Anak Jangkrik : Gendholo
    Anak Kancil : Kenthi
    Anak Kadal : Tobil
    Anak Kebo : Gudel
    Anak Kemangga : Ceriwi
    Anak Kethek : Munyuk
    Anak Konang : Endrak
    Anak Kodok : Precil
    Anak Kucing : Cemeng
    Anak Kutuk : Kotesan
    Anak Lawa : Kampret
    Anak Laler : Singgat
    Anak Lamuk : Jenthik
    Anak Lele : Jabrisan
    Anak Luwing : Gonggo
    Anak Lutung : Kenyung
    Anak Luwak : Kuwuk
    Anak Manuk : Piyik
    Anak Macan : Gogor
    Anak Merak : Uncung
    Anak Menjangan : Kompreng
    Anak Menthok : Minthi
    Anak Sapi : Pedhet
    Anak Singa : Dibal
    Anak Tawon : Gana
    Anak Tambra : Bokol
    Anak Tekek : Celoto
    Anak Tikus : Cindhil
    Anak Tongkol : Cengkik
    Anak Tuma : Kor
    Anak Urang : Grago
    Anak Ula : Kisi
    Anak Walang : Dhogol
    Anak Wedhus : Cempe
    Anak Welut : Udhet
    Anak Yuyu : Beyes

    • Dalam setiap cerita pertarungan antara 2 orang di adbm, setiap kali seorang lawan AS atau GP selalu mengumpat jika merasa terdesak dengan mengatakan:
      “Anak iblis..”.
      Jadi anak iblis namanya apa Ki Ismoyo..? hehe

      • Kalau anak Pak Iblis saya nggak tahu namanya, ..tapi kalau setan anak-anak namanya Thuyul ..he..he.. Nama keluarga setan atau memedi lain dalam bahasa Jawa, a.l.: Gendruwo, Thethekan, Glundungpringis, Banaspati, Wewe, Wedhon, Jerangkong, Sundel Bolong, Pocongan.
        Ndherek ngantri.

        • lah…kuntilanak keluargane sinten nyi….?

          • Ki Ubaid,

            Walaaahhhhhhh kok dladrah gheetu…he he h e, yang dimaksud nama-mama kewan.

            Tapi kalo nanya anak iblis sudah dah dijawab Ni Sesotya dan Ki Pandan, tambahi : ilu-ilu, wewe, lan sakpanunggalane.

            • Wakakakak…(ngakak sinambi mbrebes mili)

        • Kalo sundel bolong masih saudara iparnya kuntilanak.

    • Ada yang saya yakin hanya ki Ismoyo sendiri tahu:
      Anak Ki Ismoyo: …….

      • kalo anak ki Arema….?

      • Ki Arema,
        Anak ciptan sing nomer siji rumiyin :

        1.GARENG
        Nama lain gareng adalah :

        -Pancalpamor (artinya menolak godaan duniawi)
        -Pegatwaja (artinya gigi sebagai perlambang bahwa Gareng tidak suka makan makanan yang enak-enak yang memboroskan dan mengundang penyakit.
        -Nala Gareng (artinya hati yang kering, kering dari kemakmuran, sehingga ia senantiasa berbuat baik).

        Ciri phisik :
        a.Mata juling, artinya tidak mau melihat hal-hal yang mengundang kejahatan/ tidak baik.
        b.Tangan ceko (melengkung), artinya tidak mau mengambil/ merampas hak orang lain.
        c.Sikil gejik (seperti pincang), artinya selalu penuh kewaspadaan dalam segala perilaku.

        Makna yang terkandung dalam kisah Gareng adalah :
        1.Jangan menilai seseorang dari wujud fisiknya. Budi itu terletak di hati, watak tidak tampak pada wujud fisik tetapi pada tingkah dan perilaku. Belum tentu fisiknya cacat hatinya jahat.
        2.Manusia wajib saling mengingatkan.
        3.Jangan suka merampas hak orang lain.
        4.Cintailah saudaramu dengan setulus hati.
        5.Kalau bertindah harus dengan penuh perhitungan dan hati-hati.

      • 2.PETRUK
        Nama lain Petruk adalah :

        Kanthong Bolong, artinya suka berdema.
        Doblajaya, artinya pintar, diantara saudaranya (Gareng dan Bagong) Petruklah yang paling pandai dan pintar bicara.

        Petruk tinggal di Pecuk Pecukilan. Ia mempunyai satu anak yaitu Bambang Lengkung Kusuma (seorang yang tampan) istrinya bernama Dewi Undanawati. Sebagai punakawan Petruk selalu menghibur tuannya ketika dalam kesusahaan menerima cobaan, mengingatkan ketika lupa, membela ketika teraniaya. Intinya bisa momong, momot, momor,mursid dan murakabi.

        a.momong : artinya bisa mengasuh.
        b.momot : artinya dapat memuat segala keluhan tuannya, dapat merahasiakan masalah.
        c.momor : artinya tidak sakit hati ketika dikritik dan tidak mudah bangga kalau disanjung.
        d.mursid : artinya pintar sebagai abdi, mengetahui kehendak tuannya.
        e.murakabi .: artinya bermanfaat bagi sesama.

        Makna yang terkandung dalam kisah Petruk adalah :
        1.Budi dan watak tidak dapat diukur dari penampilan/ fisik, tetapi dengan perilaku nyata.
        2.Bawahan harus setia pada atasan
        3.Mengerjakan tugas hingga tuntas dan diusahakan berhasil dengan baik
        4.Jangan merebut hak dan milik orang lain
        5.Semua tindakan harus dengan penuh perhitungan, jangan ceroboh dan tergesa-gesa mengambil keputusan.
        6.Milikilah watak momong, momot, momor,mursid, dan murakabi
        7.Kalau sudah mulia jangan terlena
        8.Kalau salah harus berani mengakui dan meminta maaf

      • 3.BAGONG
        adalah anak ketiga Semar.
        Nama Lain : Carub, Bawor.
        Adik Gareng dan Petruk. Diceritakan ketika itu Gareng dan Petruk minta dicarikan teman, Sanghyang Tunggal bersabda: “Ketahuilah bahwa temanmu adalah bayanganmu sendiri.”
        Seketika itu bayangan berubah menjadi manusia dan selanjutnya diberi nama Bagong.

        Bagong berbadan pendek, gemuk seperti semar tetapi mata dan mulut lebar. Ia memiliki watak banyak bercanda, pintar membuat lelucon, bahkan terkadang saking lucunya menjadi menjengkelkan. Beradat lancang, tetapi jujur, dan juga sakti. Kalau menjalankan tugas terkadang tergesa-gesa kurang perhitungan. Bagong bersuara besar dan kedengaran agak kendor di leher.
        Ada yang mengatakan kalau Bagong berasal dari kata Baghoo (bahasa Arab) yang artinya senang membangkang/ menentang, tidak mudah menurut atau percaya pada nasihat orang lain. Ini juga menjadi nasihat pada tuannya bahwa manusia didunia ini mempunyai watak yang bermacam-macam dan perlu diperhatikan dan diwaspadai dari watak dan karakter masing – masing watak tersebut.

        Inti pendidikan dan budi pekerti :
        1.Hidup ini perlu hiburan
        2.Setiap tindakan jangan tergesa-gesa dalam pelaksanaannya, harus diperhitungkan terlebih dahulu, minimal dampak negatif dan positif yang akan timbul akibat dari perbuatan kita tersebut.
        3.Pelajari berbagai macam watak/ karakter manusia agar kita bisa hidup bermasyarakat dengan baik.
        4.kejujuran modal utama dalam bermasyarakat, tanpa itu kita akan dijauhi oleh orang lain.

      • Terimakasih Ki, atas pencerahan tentang budi pekerti.

  31. hadiiir ….

  32. memang ini murni karangan SHM, justru karena itu kita selalu menunggu diwedarnya kitab 290, kalau kita ikuti sejarah menurut hitungan ki Honggopati, maka SHM bukan pengarang tapi sejarawan

  33. Matur nuwun, dherk antri malih.

  34. antri

  35. mmm… ternyata kitabnya blum wedar to???
    wah,asyik juga ngikutin pembicaraan para cantrik,hiks..
    ada yang kocak,ada nasihat.wah pokoknya cantrik2 sini pada hebat2.senangnya lagi,aku bisa ngambil faidah/ilmu dari para cantrik smua.
    teruskan lagi ki sanak rembugannya.. ๐Ÿ™‚
    biar gandok sini yang di bicarakan lbih ter arah dari pada gandok sbelumnya. ๐Ÿ˜€

    • Jangan-jangan Ni ishella tu nama sebenarnya ishabella ya..?
      Ishabeellaaa aadaaalaaah…kisah cinta duuaaa… duniaaa..

      • gak kok ki,nama asliku bukan itu.yang ku pake ni cuma samaran,hiks… ๐Ÿ™‚

        • Siti Istianah Sheilla Majid

          • maaf deh ki,namaku bukan itu.hihihi..
            nama tidaklah bgitu penting untuk di ktahui, ๐Ÿ˜€
            sudah ki ismoyo lanjutin pencerahannya.
            saya senang sekali,ada yang bagi2 ilmu.

            • Jangan-jangan nama aslinya Maryadi**???

              ….Pisss…

              **Buktikan kalau naman aslinya bukan maryadi..

              • :mrgreen:

            • Siti istianah, dulu itu kawanku sekelas di SMA bag E di Kebumen….ha ha ha.

            • Anak nomer 11 Isih
              Anak nomer 12 Entek

          • Anak nomor 1 Ismoyo
            Anak nomor 2 Ismail
            Anak nomor 3 Isbandiyah
            Anak nomor 4 Ismiyati
            Anak nomor 5 Ishella

          • Anak nomer 6 Iskandar
            Anak nomer 7 Iskak
            Anak nomer 8 Iseng
            Anak nomer 9 Isin
            Anak nomer 10 Istitahat

            Wayahku turu saiki

          • Anak nomer 11 isih
            Anak nomer 12 Telas

        • ora melu2 ngrubung..mengko dikiro dadi semut…

          • ki pandan,aku pun juga bukan gula knpa kata ki pandan: “ora melu2 ngrubung..mengko dikiro dadi semutโ€ฆ”
            ๐Ÿ™‚
            sudah lah,nikmati kitabnya aja…

  36. Sebentar tadi bahas “wektu & Anak kewan”, sekarang :

    Godhong-godhongan
    Godhong Asem : Sinom
    Godhong Aren : Dliring
    Godhong Cocor bebek : Tiba urip
    Godhong Dhadhap : Tawa
    Godhong Gebang : Kajang
    Godhong Gedhang enom : Pupus
    Godhong Gedhang tuwa : Ujungan
    Godhong Gedhang garing : Klaras
    Godhong Jati : Jompong
    Godhong Jambe : Dedel/Pracat
    Godhong Jarak : Bledheg
    Godhong Kates : Gampleng
    Godhong Kluwih : Kleyang
    Godhong Kacang brol : Rendheng
    Godhong Kacang lanjaran : Lembayung
    Godhong Kelor : Sewu
    Godhong Krambil enom : Janur
    Godhong Krambil tuwa : Blarak
    Godhong Lombok : Sabrang
    Godhong Lempuyang : lirih
    Godhong Mlinjo : So
    Godhong Pring : Elarmanyura
    Godhong Pari : Damen
    Godhong Randhu : Baladhewa
    Godhong Siwalan : Lontar
    Godhong Tela : Jlegor
    Godhong Tales : Lumbu
    Godhong Turi : Pethuk
    Godhong Tebu teles : Momol
    Godhong Tebu garing : Rapak
    Godhong Waluh : Lomah lamah

    hayooo godong apa maneh…….?

    • Godhong kuping..
      Godhong lawang..

      • godhong jambu alas ?

    • godhong jambu alas

    • Godhong suket ki, jenenge apa?
      Godhong kedele: ….
      Godhong kacang brol: ….
      Godhong kacang ijo: ….
      Godhong jagung: ….
      Godhong pelem: ….
      Godhong duren: ….
      Godhong rambutan: ….

  37. Panembahan senapati meninggal usia brp ya?
    Soalnya agung sdy masih hidup dan blm punya anak sepertinya.Jd kalo punya anak sdh jd kakek dong!!

    • hitung2annnya begini aja, panembahan berkuasa 1575 sd 1601.
      waktu arya penangsang tewas tahun 1549, panembahan senopati masih usia belasan, konon masih 16 tahun.
      panembahan wafat tahun 1601.
      Jadi? panembahan mungkin sekali berumur 52+16 tahun =
      68 tahun!!saat meninggal . Berapa usia AS saat itu?.
      Sementara itu di buku adbm seri berikutnya panembahan juga meninggal krna sakit, AS dan Glagah putih yg masih juga belum kawin sempat melayat sesaat sebelum meninggal.
      AS diceritakan masih gagah perkasa, Glagah putih menginjak dewasa.
      Kasian Rara Wulan umur nyaris 50 belum juga dikawin sama Glagah Putih…, digantung terusssss…, kayak lagunya melly guslaw

      • mungkin AS punya ilmu untuk awet muda
        gak pernah tua dan nggak ada matinya
        on teruss

        • kuwi ilmune Kuburan Tua…

  38. @ADBM-ers, ada resep bikin ketupat dari Hawaii nih:

    Kupat tahu tanpa ketupat (tofu, chicken, cabbage, sprouts, peanut & shrimp chips)

    Lagi skip white rice nih, jadi pake brown rice aja buat pendamping. Ini resep mudah dari mamaku, thanks mom

    Bahan2:
    1 bungkus extra firm tofu, potong dadu, goreng, sisihkan
    1/2 bungkus kacang mentah, goreng, sisihkan.
    1 bungkus toge, rebus, sisihkan.
    7 sdm kecap manis
    100 ml air panas
    2 potong ayam lumuri garam , goreng, biarkan sampe dingin, lalu potong suwir2.
    Kobis 3 lembar iris tipis.

    Bumbu dihaluskan/ulek:
    2 bw putih , resep asli 2 bawang putih tp berhubung aku suka lebih ‘nyegrak’ sedikit, so aku tambahin 1 lagi. Boleh mentahan, boleh direbus dulu, kalo aku suka yg direbus dulu sebentar.

    6 cabe merah (sesuai selera loh ya pedesnya, boleh dikurangin / dilebihin, dan bisa mentahan ato direbus sebentar)

    garam secimit.

    Cara:
    Ambil mangkok besar,
    taruh bumbu halus
    tuangkan kecap
    tuangkan air panas
    aduk rata, lalu
    masukan satu persatu bahan2 diatas yg udh digoreng/rebus: tahu, kacang, ayam, kobis & toge sambil diaduk2,
    terakhir krupuk tanpa rasa, diancurin diatasnya.

    Bagusnya pake krupuk yg warna pink jreng biar cantik, tp gak ada, yg ada disini pucet warnanya, gak papa lah, yg penting rasanya, seperti pesannya almarhum Mamaeh/grandma.

    Mudah kan? selamat mencoba.

    • Ki Truno Podhang jebul selain cantrik senior merangkap menjadi chef..

      Membayangkan mencicipi Kupat Tahu Hawai sambil menikmati tarian hola-hola…

      Kalau kula biasane Tahu Blabak mawon, Ki…

      • ki anatram kok bilang blabak ya?? blabak arah ke magelang kah ki?? rumahku sebelum palbapang malahan.xixixi..
        slamat mnikmati kitab..

        • alamat lengkapnya boleh tahu ni…?hiks

          sopo ngerti mengko lewat kono, iso mampir..(nek dikeparengke)

          • ๐Ÿ˜€ hehehe….

          • ki pandan biarlah kita berteka teki,sebenarnya kayak apa sih orangnya??hehehee… tak kasih alamatnya juga gak bakalan ktemu.wah sudahlah.. aku gak mau jelaskan tentang diriku sejelas2nya,karena forum ini cuma khusus untuk komen para cantrik adbm..
            selamat menikmati ki… ๐Ÿ™‚ sugeng ndalu..

            • Kalau mau bayangkan Ki Pandan, bayangkan saja seperti Bocah Tua Nakal di Film apa tuh, yang ada Yoko-nya itu.

              hiks …

              • mboten klenthu ki…kulo langkung mirip Yoko-ne …hiks

                • Nggih sampun

          • mosok ra ketemu ni…asal alamate ora imitasi..mesthi wae ketemu….

            japri wae diemailke neng : pandanalas76@yahoo.com

            • hiks…

              • aku setuju dengan ki arema, ๐Ÿ™‚
                apa yang di katakan turuti saja,hiks.. asal gak salah..
                karena aku terhitung anak2,jadi harus taat sama yang tua,bukankah bgitu ki?? ๐Ÿ˜€ xixixixi

            • Ki Pandan…ampun dipekso larene, mangke lek nesu kados Rara Wulan…gelo mboten wantuntindak padepokan maleh..wah kirang sumriwing suasana pedepokan…lah nggih to?

            • Lha, rak tenan to,
              Ki PLS soyo nyolowedi..

              Hiks,

              He.. He.. He…

    • Ketupat tahu tanpa ketupat = tahu
      Lontong sate tanpa lontong = sate
      Sego goreng tanpa sego = goreng
      Mi rebus tanpa mi = rebus

  39. Suwara

    Meong-meong suwarane kucing
    Kukuk kluruk swarane jago
    embek-embek suwarane wedhus
    oeng-oeng suwarane kebo
    luwe-luwe suwarane uwong

  40. Jarwo Dhosok atau Keroto Boso :

    Kodok : teko-teko ndhodhok (datang-datang jongkok)
    Kuping : kaku tur njepiping (kaku dan pipih)
    Kupluk : kaku tur nyempluk (kaku dan nyempluk – apa bahasa Indonesianya nyempluk, ya?
    Sepeda : asepe tidak ada (asapnya tidak ada)
    garwa : sigaraning nyawa (belahan jiwa)
    krikil : keri neng sikil (terasa geli di kaki)
    ngelmu : angele yen durung ketemu (susahnya kalau belum ketemu)
    guru : digugu lan ditiru (dijadikan panutan)
    kodhok : teko-teko ndhodok
    dhalang : ngudhal piwulang (menuturkan ilmu)
    kupat : laku papat (empat tindakan)
    tandur : ditata karo mundur (ditata dengan mundur)
    gedhang : digeget bar madhang (hidangan sehabis makan)
    gethuk : digeget karo manthuk (dimakan sambil manggut-manggut)
    wedang : ngawe kadang (memanggil sanak saudara)
    jimat : barang ra mbejaji dirumat (barang tidak berharga tapi dipelihara)
    tumpeng : metune mempeng (keluarnya dengan semangat)
    buruh : awak lebur ora weruh (badan lebur tidak dipedulikan)
    desember : gedhe-gedhene sumber (besar-besarnya sumber)
    kaji : tekade mung siji (tekadnya hanya satu)
    kathok : diangkat sitok-sitok (diangkat satu-satu)
    sopir : yen ngaso mampir (kalau istirahat mampir)
    tebu : antebing kalbu (mantapnya hati)
    wanita : wani ditata (berani diatur)
    wedhus : suwe ora tau adus (lama nggak pernah mandi)
    Semprul : sembrono tur mak prul..
    Ismoyo : Isine monggo dipun pitoyo
    Widura : wicaksono wedare liwat ukoro..
    Ishela : Is – Ishela, h – hadir, ela (semua menghelas nafas, grogi, dst… he he mekso..)
    Pandanalas : walah dawane rek….!

    Monggo damel keroto boso piyambak2..

    • Niku namung gegojegan lho.. mboten serius…Nyuwun ngapunten menawi mboten klenta-klentunipun…

      • Wah.. salah ketik,
        Yang betul.. Nyuwun ngapunten menawi wonten (bukan ‘mboten’) klenta-klentunipun…

        • Ki Anatram, jarinya pun seneng blusukan….he he he

          • Wasis tenan Ki Anatram

          • kerikil : keri ning sikil.

            keripik opo ki…?

            • keri ning keripik, Ki..

            • yo tergantung bahane :
              keripik singkong, keripik telo, keripik jagung…

              tung keripik ahai tulang bawang….

    • Jenengku Semadi Pratomo Mulya, dudu sembrono tur mak prul.

      Anatram

      Maringi Tanpo Aweh. ???

      • Nggih nyuwun ngapunten, sepindah malih namung gegojegan..

        Tapi penjenengan nggih sembrono lho, asma sae-sae kok disingkat se-‘sederhana’…itu..

        • Ana maneh ki sing ngawe asma wae kok gak sing apik:

          1. Ki Kurang Ajar
          2. Ki Waja Telas (ompong)

          Sapa maneh ya …

          • nek pandanalas ra mboten termasuk tho ki…

            • mboten,
              namung “pencitraan” ipun kados kakek-kakek.

              Dados menawi mbeda ni Ishela utawi Ken Padmi nggih kados Bocah Tua nakal (kakek mbeling).

        • Kepingine nggih mboten sembono, nanging tangga-tanggo wonten “dunia nyata” nggih mekaten nebutipun ๐Ÿ™‚
          Nuwun Mas Anatram.

    • Kadingaren, jam sakmene sik akeh cantrik sing sambang padepokan.

      Sing arep ronda absen disik. Ki Pandanalas wis siap jagung bakare.

      • eh…, kliru panggonan.
        Ngapunten.

        • nyuwun sewu ki, wU NDlu mboten nderek wungon…siap2 ngge nonton motogp

          • Nggih…
            Simpan enersi, soalipun enjing-enjing kedah makaryo

  41. antriiii kitab

  42. Terimakasih tebakannya Nyi Seno…

  43. Matur nuwun Kitab 290 sampun ditampi

    • Matur nuwun

  44. Ditunggu di regol, sudah kelihatan…

    Matur nuwun..

  45. terimakasih..atas persembunyian kitabnya….tapi kok belum ketemu….?? dimana…

  46. Kitab sudah di unduh….
    Makasih tebak..annya tepat

  47. Benar benar tebak..an berhadiah, terimakasih untuk hadiahnya ๐Ÿ™‚

  48. met sore, terima kasih, matunuwun, hatur nuhun, xi xie, danke.
    luar biasa petak umpet n tebakan nya ??? .. puspa / .. sandora, hayooo lanjutken
    Salam

  49. @ Ki Wisnu,
    ternyata bersembunyi di hal 2 pada titik2 dibelakang ini : “dan coba tebak..”
    Selamat berburu!

  50. ha .. ha..
    Ternyata ramai juga masalah umur. Padahal itu hanya etung-etungan karena stress nunggu kitab belum diwedar.

    Tks. Ki semuanya, sekarang sudah nyedot 290.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: