Buku III-77

277-00

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 22 Juni 2009 at 00:17  Comments (143)  

The URI to TrackBack this entry is: https://adbmcadangan.wordpress.com/buku-iii-77/trackback/

RSS feed for comments on this post.

143 KomentarTinggalkan komentar

  1. Selamat siang..

    • Selamat Membawa Kitab Ki Kimin!

      • pokoke nomer telu dah…

    • hidup ki kimin 3x
      nangdi sampeyan slempitna kitabe??

      • Wah … malah kitab iii-77 digowo nyebrang … KALI BARITO … pisan.
        Ki, …… please Ki, …… eling cantrik-e sing wis podo senewen ….. kitab iii-76 …. mbok yo di titip-ne ki Parto ….

        • kimin kleleps…..
          kali barito….

          • sugeng ndalu

            • tangi sek ki…

  2. Selamat siang.. ki

    • Ki Kimin, nJenengan dipadosi poro cantrik ….
      Kitab 276 punopo nJenengan gembol?

      • Ki Kimin,
        jan tego-ne ….. mbok yo ojo diwoco disik tho … cantrike diparingi wektu ngunduh disik …..

        Ea…. walah-walah …. malah ditinggalkan di jamban …. ati-2 kecemplung pisan …. gawe gelo ..

  3. Hadir Ki Kimin 😀

    • ki kimin where are you???

  4. Lho kene kok wis buka gandoke…lha opo kitab 276 wis dibagi opo … poro pinisepuh paringono warto ingkang terwoco dumateng kulo…matur nuwun

  5. nderek antri Ki Kimin

  6. antri Ki Kimin

  7. Nginguk pos ronda, sepi…….
    Sing antri ngarep gandok mung loro, saka jakarta dan Mega (? iki ngendi to?)

  8. Iki ana apa ta? padepokan kok ketok singub.

    Untuk pencerahan para cantrik baru, saya coba ambil dari gandok II-75.

    Nesu (saya belum bisa ngebold, mbok diajari)

    Senopati nesu (marah) ?
    Jelas tidak.

    Tugas Senopati sebagaimana ditulis di dalam Surat Tugas sebagaimana telah ditulis di pengantar kitab 145 :

    1. Menjaga ketenangan suasana padepokan.
    Segala bentuk keributan silakan dilakukan di padepokan lain.

    2. Menjaga ketenangan hati para cantrik.
    Padepokan hanya untuk menuntut ilmu bukan untuk pamer kelebihan

    3. Menjaga keteraturan penyampaian kitab.
    Baik rutinitas maupun penyimpanannya.

    4. Mengatur jadwal tugas.
    Tugas bukan ditunjuk tetapi mengajukan diri sehingga perlu ditata supaya tidak tumpang tindih. Jika kayu bakar di dapur habis, silakan membelah kayu.. dan bukan hanya bisa menyalahkan cantrik yang bertugas.

    Apa yang Senopati jalankan masih sesuai dengan tugas itu.

    • Supaya tidak salah interpretasi, tulisan “(saya belum bisa ngebold, mbok diajari)” itu tambahan saya, bukan Nyi Sena lho.

      • Bold, Curve, Javelin, Storm …..

        • niki namung gegojegan lho ki..ampun duko saestu….

          [ki… apel malang pancene ndamel ketagihan + sakaw….hiks]

          • piye tha cantrik siji iki… jare forest guava…

          • teng mriki mboten parenk ngendikan bab forest guava ki…mangke ndak menimbulkan multipersepsi tuwin issue engkang mboten2….rikuh kaliyan poro pinisepuh tuwin putut2 sepuh….hiks

  9. mampir ki

  10. walah fenomena apakah ini, kitab 276 belum wedar kok gandok 277 wis dibuka, ada apakah gerangan?

    • Ki ojo seru seru lek ngendiko, menurut kebiasaan ape diwedar loro opo telung rontal sak kal

  11. Nderek absen dulu…

  12. Telat ritek pokoke hadir…. Salam kenal Ki Ismet

  13. Weleh….weleh.. malah klekaran pindah gandok, wis ndang nyambut gawe selak rejekine kesampar pitik, ora usah kuatir sore iki Nyi Seno bakal maringi bonus telung kitab sekaligus 76,77 lan 78

  14. ada apa dengan ki kimin??

  15. Weee lha tenanan iki dukone…
    276…. nyang ngendi ndelikmu..?
    wistak ubek ubek nganti butek kok ya tetep durung nemu..

  16. niliki gandhok 276 kok ruammeee banget..
    wis ndheprok nang kene ae lah. Sugeng enjang para sanak kadang, nunut ngaso sekedhap nggih..

  17. sugeng enjang sadaya

  18. ikutan ngantri di 277…meskipun belum dapet kitab 276…sepertinya pertanda akan turun bonus nih….
    sing salabar ya…

  19. Lanjutan woro-woro dari Nyi Senapati, gandok II-75.

    Pengelola padepokan sombong dan arogan?

    Beberapa cantrik telah menulis komen seperti itu. Betulkah demikian ?!
    Setiap situs pasti ada pengelolanya. Semata-mata agar situs itu tidak mati. Mungkin Kisanak tidak menyadari ketika kita bersorak-sorak menembus 200 komen, maka pengelola situs musti membaca setiap komen, memilah mana yang musti ditanggapi, bahkan menghapus komen/spam.

    Setiap situs punya policy nya sendiri-sendiri. Silakan kita memilih untuk terlibat atau tidak di dalamnya. Ada banyak situs yang memberikan buku Api Di Bukit Menoreh. Mungkin mereka memberikan policy yang berbeda dari disini. Jangan disamakan.

    Kisanak yang memiliki situs/blog tentu sudah berpengalaman dalam mengelola komen. Tapi mengelola 300 komen tiap hari ? Dengan pengunjung lebih dari 10 ribu tiap hari ? Pasti jarang terjadi. Tolong Senopati dibantu. Saring kembali komen yang hendak diberikan.

    • lho ternyata ki arema dan nyi sena itu…. pantess….

      • nembe pirso tho ki banu……
        loro nanging siji…siji nanging loro…
        2 1 2
        Pendekar Kapak Naga Geni 212

      • Ki Arema itu mungkin Juru Bicara ne Nyi Senopati…

        Kalau Nyi Senopati, sedikit bicara banyak bekerja.. Sedikit bicara, banyak medar kitab…

        • Jadi…, Ki Arema banyak bicara sedikit bekerja, begitu ya..
          he he…, trims..

        • blaiks niki….”senopati” ne duko …

          • Lho Ki Arema kan Juru Bicara.. jadi pekerjaannya bicara, Ki.. Menjelaskan kebijakan, meluruskan interpretasi yg simpang siur..

            Coba bayangkan, kalau pepatah.. Sedikit Bicara Banyak Bekerja, diterapkan untuk Juru Bicara..
            Mosok Juru Bicara wonge menengan, neng ngendikan mung sak kecap.. kan aneh..

            • pembelaan diri…
              ngeles….

              • hi hi hi… malah melu keplok2.. Ki PLS

            • Guyon kok ki.
              Sampun dipun penggalih.

              Kulo sanes juru bicara kok ki, namung ngengetaken malih ular-ularipun Nyi Sena kala semanten, supados cantrik enggal saged mangertosi.

              • Wah.. Sepertinya saya juga perlu Juru Bicara.. biar menjelaskannya lebih pas…

                Hi hi.
                Sekedar sambil menunggu kitab, biar nggak sepi..

                • memang harus ada yang seperti Ki Arema, untuk meredam suasana sing radha panas.

    • setuju Ki, sy merasa .. wong sudah diberi aja syukur kok ….

  20. woro-woro iki artinya apa …..ya…
    apa pengumuman gitua… atau pemberitahuan ….. atau penjelasan …. ???

    • woro Srikandi..woro Sembodro…woro-wiri

    • Hanya mengingatkan para cantrik baru supaya lebih hati-hati dalam memberikan komen.
      Pemilihan tema dan penggunaan bahasa.

      • woro = sebutan untuk perempuan
        misalnya woro sembodro, woro srikandhi.

        woro-woro = seperti pemberitahuan, pengumuman

        Leres Ki Arema,
        harus ada yang saling mengingatkan, terlepas jika sudah diingatkan pun masih berbuat hal yang sama, yach pada akhirnya terpulang kepada pribadi masing-masing.

  21. Biar lengkap, saya cuplikan berikutnya dati gandok II-75

    Nila Setitik Rusak Susu Sebelanga

    Haruskah kesalahan SATU cantrik dibebankan kepada semuanya. Tentu saja tidak. Namun semua musti mesu diri juga. Dahulu jika salah satu cantrik SPOILER maka yang lain akan mengingatkan. (Betulkan Anakmas Sukra ?) Tapi sekarang malah menambahi. Ayo dong.. mana semangat kebersamaan, semangat memiliki, semangat membesarkan padepokan, yang dulu ada saat padepokan ini berdiri.

    Para cantrik baru mungkin tidak merasakan atmosfir itu. Namun bisa mempelajarinya dengan membaca komen diawal-awal kitab ini berdiri. Para cantrik lah pemilik padepokan ini. Bukan Ki GD, Senopati, ato bebahu padepokan yang lain. KITA pemilik padepokan ini.

    Sehingga ketika seseorang kita hujani dengan kecaman, ketika seseorang terang-terangan menghina cantrik yang lain .. maka orang bisa berkata, ” Oh begini tho sikap pembaca ADBM. Tidak ada nilai dalam ceritanya.”

    Dan SHM pun sedih.

    • kan masih ada yg sebelah lagi ki…. (mBelink MODE ON)

      • hadir utk absen,
        tetap sabar menanti kitab di wedar.

        • iki nek ono mentrik lewat mesthi iso nggo ngurangi sakaw….

          mentrike malah podho jireh iki….do ngumpet neng ngisor mejo..

          • Sanjangipun, tenggo kebun, kok wonten mriki Ki.

            • kebone taksih rungkut ki,…dereng sempet mbakari wit jagung engkang dho ambruk kolowingi

        • saya justru kangen sama komentare Ki Latheung, ia hanya sebatas sesama cantrik, dan itupun sangat terukur.

          • saestu niki….., mangke nek medal malah dipolosoro wong sak padepokan..

            jan mesakake tenanan cantrik siji kae….nganti saiki kapok ora tau ngetok…mbuh nek mung ngawat-awati soko rimbunan wit perdu

            • Ki Pandan,

              Ki Lateung, namung gojek damel kekhi sesami cantrik, tapi taksih laras pituturipun, paling2
              kitab diwedar 1 minggu 1 kitab, nganyelke ning menawi mboten ketok ngangeni, upami dipun gojlok cantrik sanesipun paling ngilang…..he he he

  22. Ular-ular terakhir Nyi Senapati pada Gandok II-75. Mudah-mudahan bisa menjadi pencerahan bagi para cantrik di padepokan ADBM ini.
    Mohon maaf, jika ada yang kurang berkenan.

    Senyum

    Mesem kalo kata orang Jawa. Tetaplah tersenyum. Bahkan saat sakit sekalipun. Bukan hanya ditujukan kepada orang yang sedang tertimpa kesusahan tetapi juga orang yang sedang marah. Senopati masih tersenyum sewaktu dihujat. Semoga para cantrik juga demikian saat sedang marah.

    Kenapa musti senyum? Karena dengan senyum kita tidak berbicara. Tidak akan terlontar ucapan yang kurang pantas seperti kutukan atau hujatan. Sehingga saat suasana telah kembali ceria, tidak ada perasaan malu ketika teringat ucapan dan sikap yang kurang pantas ketika marah.

    Mohon Maaf

    Untuk ini semua Senopati mohon maaf. Dan mohon kerjasamanya.

  23. Sangat setuju dengan ular-ular dari Ki Arema. Saya pun pernah membaca satu artikel yang menyatakan bahwa Aristoteles berkata: “siapa saja bisa marah-marah. Tetapi marah pada orang yang tepat, dengan kadar yang sesuai, pada waktu yang tepat dan demi tujuan yang benar serta dengan cara yang baik bukanlah hal yang mudah.
    tetapi kapan 76 dan 77 diwedar ?

  24. Sak durunge turu … nengok padepokan ……
    Eee … kok podo anteng tho?
    Ki Arema ….. aku turu disik …. sesuk kudu tangi esuk uthuk-2 …. Kudu nyapu padepokan maning.
    Padepokanne koyo lagi rame . … halamane kok kotor … Opo ono sing lagi gelut?

    Sugeng sare Ki Widura …

  25. absen yg penting hadir

  26. Sugeng sonten poro sesepuh lan sanak kadang ADBMers. Wuih…wuih…moco sak sliweran komen2 terakhir, utamane seko ki Arema sing ngelingake “kode etik”, mestine bar ono kejadian sing kurang memper nang kene…nyuwun pangapuro ora sempat mengikuti komen mboko siji…
    Nek menurutku yo wajarlah ono sing kurang memper mampir nang kene, jenenge wae forum iki terbuka nggo sopo wae. Wong sak ndonya tentune nduweni watak sing macem2. Ono sing sareh, ono sing grusa-grusu, ono sing isinan, ono sing pengin menonjol, ono sing ngamukan…lan sanesipun.
    Lha, nek durung-durung wis diemohi opo njuk digepuki rame-rame neng kene mergo cature kurang memper, lha terus opo fungsine padepokan iki. Mestine rak sing kurang becik mlebu nang padepokan kene iso entuk manfaat dadi becik.
    Monggo poro cantrik, mboten sah “murup” menawi wonten cantrik enggal nggadahi catur ingkang mboten sak wajaripun. Monggo sami-sami dipun rimat, dipun tulari watak2 luhur ingkang sampun dipun contoni kaliyan sesepuh2 padepokan…

  27. Iku ngantri…tunggu wedar……….

  28. Guyonan sebelah Padepokan :

    Orang Buta dan Anjingnya :
    Seorang buta sedang berjalan dengan seekor anjing sebagai penunjuk jalan. Pada sebuah persimpangan yang ramai si anjing yang nggak peduli dengan deru lalu lintas yang ramai, dia terus saja membawa si orang buta menyeberang di tengah keramaian lalu lintas.

    Bunyi derit ban mobil yang direm mendadak dan klakson pun langsung terdengar hingar-bingar, pengendara-pengendara yang panik mencoba meneriaki supaya mereka minggir.

    Akhirnya si orang buta dan anjingnya sampai pada trotoar. Kemudian si orang buta mengambil kue dari kantongnya dan memberikan kepada anjingnya. Seorang yang kebetulan melihat kejadian itu bilang, “Kenapa kamu masih berikan roti kepada anjingmu padahal baru saja dia hampir membuat kamu mati!”

    Si orang buta bilang, “Saya hanya pengen tahu sebelah mana kepala si anjing Pintar ini, biar bisa kupentung kepalanya.”
    …………………………………………….

    Hadir Nyi Seno……Ki Tumenggung Sepuh

  29. Wah wis sore wayahe mulih macul…..kitab durung gek durung diwedhar?…. Nyi Seno jan ora mesaake karo kaum PIK (pengguna internet kantor) nek ngene iki bakalan sesuk wengi nembe ketemu karo Roro Wulan…..wis kangen tenan je.

  30. Sabar…..

    Lontar 276-277-278 tampaknya satu kesatuan. Sehingga, Senopati mungkin akan medar secara bersama-sama biar laku yang dijalankan oleh para cantrik yang mesu diri tidak terpotong-potong.

    Tetap semangat…..

    • Eh…
      Ternyata sudah diwedar. Keliru penerawangan saya. Maaf.

  31. matur nuwun Nyi,

    kitab 277 ugi sampun dipun unduh
    sebenarnyalah memamng kitan adbm

    nuwun

    • maksudnya memang kitab adbm

  32. sanes kitab neolib, sanes kitab pro rakyat.. cuma kitab adbm..
    sanes kitab neolib, sanes kitab pro rakyat.. cuma kitab adbm..

  33. hidup padepokan adbmcadangan.wordpress.com

  34. Setelah Kitab 276….ngantri lagi disini…..

    • 277 juga sudah bisa diunduh, Ki.

  35. TERNYATA SUDAH WEDAH…..MATUR NUWUN…

  36. matur nuwun….

  37. tidak ikut antli tapi langsung unduh , telima kasih sebelumnya

  38. Suwun malih nyi Seno, pikantuk ropelan. Ayo dulur age2 diunduh

  39. trima kasih lagii…….

  40. Matur Nuwun untuk kitab yang bukan pro rakyat itu Nyi…justru yang “cuma kitab ADBM” itulah yang ditunggu tunggu sepenuh harapan…

  41. Matur Nuwun…..Terima Kasih

  42. ihiks….xixixixxi….

    Tenan to, senin lagi wedar + rapelane.

    Nggih matur nuwun, nyi. Banget ing panarimaku dene nyi Seno ngerti sing dadi kekaremane pun kakang-kakang kabeh.

  43. Matur nuwun Nyi Seno . . . . yang ternyata mendengarkan jeritan rakyat kecil, kitab sudah disedot pindah ke flash disk saiki nemplak jaran langsung dipacu….

  44. Ngaturaken panuwun ingkang tanpa upami…..

  45. Matur nuwun

  46. 275 = akismet
    276 = neolib
    277 = pro rakyat

    total keseluruhan, menjadi kitab adbm

    • apa 278 diwedar lebih cepat ya Ki.

      • Kalau yang ini, para cantrik tentu senang.

        • Mudah-mudahan Ki,
          adat ingkang sampun nggih makaten.

          Biasanya kalau 276 & 277 kelihatannya seret, 278 besok paginya……maunya he he he.

          • Sugeng dalu Ki.

            Sampun lerem sak meniko, lontar sampun dipun wedar.

            Sepi, taksih sami mesu diri nyinaoni kalih lontar, supados saged nampi lontar saklajengipun.

  47. Xi.xi..

  48. Di 276 kok postingan setelah posting Ki Ismoyo jam 17.11 tidak muncul lagi, termasuk postingan ucapan terima kasih dari Ki Truno Podang. Apa di kota lain juga turun hujan, sementara di Bekasi cerah berangin.

    • Mungkin sama dengan di tempat saya, letak komen terakhir di halaman 276 ngacak dimana saja, tidak di baris paling bawah seperti di halaman ini.

    • Wonten kok Ki Truno, wontwn nginggil, niki kulo kutipaken:

      On 22 Juni 2009 at 17:19 Truno Podang Said:

      Matur nuwun, ……… rontal sampun kawulo tampi …….. dst

  49. Pro rakyat eh kitab njih sampun dipun unduh, matur tengkiu…

  50. aku koq yo iso lali pleng adate senopati to yo….
    biasane nek bukaan gandok double, kuwi mesthi meh medar kitab double…
    artine neng bukaan gandok lasngusng loro,..mongko wedaran kitab mesthi sesuke lsg loro….hiks

    • wis mulai sepuh ayake.

      • nek ki Truno Podang mpun S2 (Sampun Sepuh),…menawi kulo mpun S4 ki…dados nggih radhi lalenan….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: