Buku III-55

255-00

Laman: 1 2

Telah Terbit on 1 Juni 2009 at 01:25  Comments (136)  

The URI to TrackBack this entry is: https://adbmcadangan.wordpress.com/buku-iii-55/trackback/

RSS feed for comments on this post.

136 KomentarTinggalkan komentar

  1. Antri nomer siji

    • Aku nomer loro?

      • Ki Arema sing mbuka lawang …. aku sing mlebu disik ..
        wakak kak kkaakkk …. ora sengojo nyurangi lho ki!

      • Yo mesti ae, kene sik njabut kunci, sampeyan wis mbrubut mlebu disikan, yo mesti ae kalah

    • Mbak Titiek durung teko … sik adus jarene!

      • wong mbak Titiek lagi kencan karo aku je, digoleki, hehehehehe

        • Jam semene sik kencan? Amit-amit jabang nenek … ojo niru mbahku.

  2. tut wuri ngantuk’i

  3. hadir…

  4. 8

  5. Melu Ronda

  6. nderek antri maleh

  7. 25. Senin Kliwon
    “Kehormatan keluarga” adalah prinsip kalangan Senin Kliwon. Anda terkenal karena pengabdian anda terhadap orang tua, anak, kakak-adik, bahkan sering pula kerabat jauh. Anda bersedia mengorbankan semuanya untuk membela keluarga anda. Anda memiliki perasaan yang kuat terhadap asal anda, bahkan mungkin juga terhadap negara tempat anda lahir. Sayangnya, segala hal cenderung terlalu dimasukkan hati, sehingga anda mudah tersinggung. Terkadang perlu waktu untuk membuat anda tenang kembali. Meskipun demikian, pada dasarnya anda mudah memaafkan dan tidak suka mendendam. Anda pandai dengan kata-kata dan mungkin dapat menjadi seorang pembicara atau penulis yang baik jika anda tertarik pada pekerjaan semacam itu. Orang lain menghargai keramahan, kesopanan dan kelembutan anda yang terpuji.
    26. Selasa Legi
    Jika anda lahir pada hari Selasa Legi, anda akan memiliki kepribadian yang kuat. Anda tidak akan suka melihat orang menghalangi anda, dan tidak akan mau mengalah (walaupun dalam hal yang sebenarnya sepele) agar orang lain tidak merasa sakit hati. Sesungguhnya, popularitas anda tidak akan berkurang jika anda mau belajar sedikit berkompromi. Bila tidak, dorongan anda untuk berkuasa dapat membuat anda membuang banyak tenaga dalam adu kekuatan dengan teman, pasangan, atau majikan. Tetapi bagaimanapun kekurangan tersebut, anda adalah tipe yang jujur dan suka bekerja keras, yang memiliki cita-cita tinggi dan minat yang tak terpuaskan terhadap ilmu pengetahuan.
    27. Rabu Pahing
    Orang-orang ini suka mempertimbangkan segala sesuatu sebelum melakukan suatu tindakan. Mereka akan merenungkan segala kemungkinan hingga puas terhadap hasil yang dapat dicapai. Kelompok ini mungkin terlihat cukup santai, tetapi jangan terkecoh! Mungkin dikarenakan sedikit rasa kurang percaya diri yang membuat mereka bersikap angkuh. Namun, tidak dapat dipungkiri banyak peramal Jawa juga mengatakan bahwa mereka memang tidak suka berbagi dengan yang lain. Kewaspadaan mereka mungkin terlihat berlebihan saat rasa curiga mereka timbul. Orang-orang ini sangat perlu belajar untuk bersikap lebih santai dan menurunkan pertahanan mereka. Untungnya mereka memiliki prinsip untuk tidak mencampuri urusan orang lain.
    28. Kamis Pon
    Jika anda lahir di hari Kamis Pon, anda biasanya memiliki cita-cita tinggi dan tujuan-tujuan mulia yang berusaha anda wujudkan sekuat tenaga. Anda memiliki pikiran yang cerdas dan penuh rasa ingin tahu, serta suka mempelajari hal-hal baru yang dapat memperluas wawasan anda. Meskipun demikian, dengan kecenderungan untuk berpikir dan bertindak dalam skala besar, kebanggaan serta rasa percaya terhadap kekayaan materi atau kepandaian dapat dengan mudah menjadi kelemahan anda pada suatu saat. Anda bukanlah tipe orang yang suka banyak bergaul dan tidak tertarik pada urusan orang lain. Tampaknya anda cukup puas dengan mengandalkan kemampuan pribadi untuk memahami suatu situasi dan menghindarkan diri dari pengaruh orang lain.
    29. Jumat Wage
    Mereka yang terlahir pada hari Jumat Wage terkenal sangat mengasihi dan mudah menaruh iba kepada sesama manusia. Oleh karena itu, anda berpotensi menjadi Ibu Teresa kecil yang selalu bersedia membantu mereka yang membutuhkan. Anda memiliki karakter yang sangat jujur, kemurnian hati, dan juga kesetian yang sesuai dengan julukan tersebut. Anda tidak pernah membesar-besarkan kemampuan anda sendiri, padahal di dalam hati anda sesungguhnya adalah orang yang tegar. Sangatlah sulit membuat anda mengubah keputusan yang telah anda tetapkan. Keyakinan anda dapat sangat mengagumkan… atau bahkan hanya suatu kebodohan. Anda mungkin perlu belajar untuk menerima saran dari orang lain yang bermaksud baik.
    30. Sabtu Kliwon
    Justru orang seperti ini yang anda perlukan di pesta anda berikutnya, karena mereka begitu ramah, sopan, dan mudah terkesan, sehingga mereka dengan mudah membuat orang lain merasa betah di rumah anda. Mereka juga pintar mengucapkan kata-kata yang menyenangkan. Bahkan, mereka yang terlahir pada hari Sabtu Kliwon termasuk salah satu kalangan yang memiliki bakat alamiah dalam berbicara dan menulis jika mereka memilihnya sebagai pekerjaan. Mereka cenderung memperlakukan semua orang dengan baik, bahkan musuh mereka sendiri! Mereka tidak dikenal sebagai orang tegar yang berpegang pada pendiriannya. Akan sangat berguna jika mereka mau mengembangkan sedikit keberanian dan ketegasan, karena kelompok ini cenderung sangat mudah menyerah pada rintangan pertama. Mereka biasanya memperhitungkan dengan cermat segala tindakan yang akan mereka ambil. Dengan demikian muncullah pertanyaan: mengapa mereka sangat mudah terkecoh oleh penampilan seseorang atau sesuatu? Mereka adalah pelanggan impian para pedagang.

  8. Hadir…ada cover ada harapan…

  9. ngabsen sekkkkkkkkkkk

  10. Ngacung maning …..

  11. nunggu lagi… biar sekalian bacanya… 😀

  12. Yang aneh… tadi malam mimpi….

    Glagah Putih bertarung dengan seseorang.. entah siapa..

    Trus orang itu kalah… bahkan sudah dilepaskan oleh Glagah Putih. Setelah dilepaskan.. bukannya berterima kasih … bahkan orang itu berniat membokong Glagah Putih…

    Glagah Putih langsung membalikan badannya.. dan memasang dada untuk dipukul oleh orang itu…
    akhirnya pukulan itupun mendarat di dada Glagah Putih.. dan hasilnya malah orang itu yang terdorong balik…

    orang itu terheran dibuatnya… lalu glagah Putih beerkata… “karena engakau ingin membunuhku… jangan salahkan aku jika mempertahankan diriku dengan cara membunuhmu”

    orang tersebut mulai ketakutan, sementara Glagah Putih mulai mengambil ancang2…

    tanpa setahu Glagah Putih… Agung Sedayu dan Ki Gede sedang menyaksikan peristiwa itu. Bahkan Ki Gede bermaksud menghentikan perkelahian itu. Tetapi Agung Sedayu menggamit tangan Ki Gede Menoreh dan berkata…
    “Kita akan lihat suatu pertunjukkan yang akan menentukan apakah Glagah Putih cocok untuk menjadi pelindung Tanah Menoreh” sambil tersenyum…

    Sedangkan di arena pertarungan… terlihat wajah Glagah Putih yang menjadi merah membara… menahan kemarahannya, lalu berkata..

    “tadi ketika aku melepaskanmu, dikarenakan aku menganggap bahwa kau tak perlu di bunuh karena kesalahanmu… tetapi sebaliknya… kau malah membokongku dan bermaksud membunuhku…
    karena itu … aku akan membuktikan bahwa … di Tanah Perdikan Menoreh ini… orang tidak boleh berbuat semaunya… dan berharap mudah dilepaskan jika tertangkap dan diampuni.
    “Aku akan menjadikan mu sebagai contoh”
    sambil berjalan perlahan-lahan mendekati musuhnya…

    Tiba-tiba muncul seseorang dari kegelapan sambil berkata…

    Sesungguhnya… aku takluk kepadamu dan aku akan bekerjasama bersamamu untuk mengamankan tanah perdikan ini”
    ternyata yang muncul adalah Prastawa…
    Dulu aku curiga kepadamu… bahwa kau bermaksud merebut kekuasaan denganku… baru hari ini aku melihat sendiri … bahwa selama ini perbuatanmu dilandasi karena tanggungjawab dan kecintaanmu kepada tanah perdikan ini… berkata Prastawa lagi.

    Sedangkan di sudut lain Agung sedayu sedang tersenyum kepada ki Gede Menoreh.. yang sedang berkaca-kaca matanya…

    …..

    ….
    ini benar2 mimpi yang saya alami malam tadi…

    mimpi yang aneh

    mungkin karena penasaran kai ya??? 😀 😀 😀

  13. met pagi semua…

    setelah hampir 2 bulan merantau ke negri dimana adbmcadangan di blokir 😦 ..ternyata komunitas semakin rame..

    ok.. harus lembur dulu nih puluhan seri 🙂

    maaf belum bisa bantu …

    • Slamat pagi KI.

      Lama Ki Bensroben tidak hadir di Gardu. Cantrik yunior sampai tidak mengenal lagi salah satu orang yang ikut “babat alas” padepokan ini.

      Selamat datang lagi di tanah air Ki. Ki Bensroben mau hadir lagi dan bercanda dengan para cantrik saja sudah merupakan satu kebahagiaan.

      Monggo Ki.

      • Selamat bergabung kembali Ki…

  14. Rapel absen gandok 54

  15. ikut ngantri … 🙂

  16. Gandok sudah dibuka, tapi blom ada Kitabnya 😦

  17. Tilik padepokan sebentar sebelum makaryo.
    Ternyata gandok 255 sudah dibuka.
    Selamat pagi, selamat menjalankan aktivitasnya masing2.

  18. absen lan tumut antri nyi..

  19. Matur nuwun 4 kitabnya

    • maksud’e 254 kitab?……..

      • 251, 252, 253, 254, 4 kitab.

  20. Matur Nuwun…….Melu Nitip Absen Pagi

  21. ki painten nabrak kusen, mripate mendelik kleleken tempe
    dinten-dinten netep absen, sakderenge bidal nyambut gawe
    😉

  22. Ma kasih nyi

  23. Matur nuwun kitab 254 sampun di unduh…
    nderek nenggo kitab ingkang kaping 255…

  24. Wis dibuka ya? Tak arani wis ana kitabe. Jebule durung. Titip absen bae ya? Tulung ki cantrik sing nomer siji, mengko angger kitab wis dibagi enyong dijukutena ya? Maap, ora bisa suwe-suwe ning kene, mengko diunekena korupsi maning. Wis ah, nyambut gawe tuli. By the way, matur nuwun kitab 251-254 sing nembe tak rapel. Salam nggo kadang cantrik kabeh, selamat menunaikan sholat duha.

  25. aku juga titip absen
    Mugo enggal di wedar

  26. Lawange wis dibukak, wis dimanggakke ning suguhane kok rung metu ya….

  27. absen ki GD

  28. E.. nggelar kloso ro wedangan poci sinambi nunggu kaca 55 diwedar…

  29. Pengganti Nyi Senopati tampaknya pendiam, sehingga beberapa kali kitab di wedhar tanpa kata….
    Salam buat Pengageng Padepokan, para Cantrik dan Putut Padepokan ADBM.
    Salam sukses….

    • pasti ki sukra….

      • koyone Ki Aream ki…
        Pendiam, gawe nylamurke piambake, ben diarani wong liyo..
        Nggeh to Ki….

      • Orang pendiam itu kadangkala bahaya … lho Ki SAS.
        Meneng-2 teluk pincuk pecel ya amblas …

        Biasane kalau lagi …. duko ….. lima kitab langsung diwedar …. dalam waktu lima menit … 🙂

        Ketoke nJenengane iku lagi DUKO sanget …. sebabe esuk-2 tak srobot …

        • kalau begitu, setuju…. ki arema saja….

          • Ayo padho nggawe coro ndamel ki Arema DUKO…

            ben di balang kitab sak akeh-akehe kalehan ki arema..
            (menurut versi ki Widura loh..)

            Lah rak tenan…kitab’e wis di balangno..

            Suwun ki….

  30. Gambar halaman 35 jilid 254 sangat janggal. Bukankah kedudukan Mataram saat itu masih di pesanggrahan sebelah barat sungai? Tetapi kenapa Panembahan Senopati duduk di kursi dampar kencana di sebuah istana?
    Tidak bermaksud apa2, hanya gelisah saja kok ilustrasinya tidak sesuai jalan ceritera, sebagai tanda bahwa ilustratornya tidak baca/ngikutin jalan ceriteranya.
    He he he, ……..
    Tetap semangat nungguin 255, apa nunggu jumlah klik 2.55 juta?

    • Ki Trupod,

      Yang ada disitu bukan Panembahan Senopati. Gambar disitu kan diambil dari pemeran Lakon Panembahan Senopati dengan background GEBER keraton dalam sebuah KETOPRAK.

      Melukis dari tanpa bentuk nyata kan susah, tapi kalau ada objectnya kan lebih gampang …. hhe heehe hee
      nJenengan menagi jaman KETOPRAK nggak Ki?

      Bukan Ketoprak Jakarta lho … 😦

      • Ketoprak matarman, dulu masih ada Sandirono – Sandirene. Tokoh2nya Ngadul, Gito-gati..

        Nuwun.

        • Iya, saya juga ingat, Ngabdul x Ki, bukan Ngadul. Juga mbak Marsidah…

    • He he he, ………… ya menangi aja Ki Wid. Lha wong tetangga saya yang tukang batu biasa jadi raja, dan ada lagi yang tukang gado2 biasa jadi permaisuri.
      Oh ya putri Madiun namanya Retno Jumilah atau Retno Dumilah ya Ki yang bener? Apa memang cantik kayak Gadis2 Madiun umumnya?

      • Sing jelas tangane empuk, kenyal dan mengeluarkan getaran asmara … sehingga Panembahan Senopatipun sampai lupa perang.
        Dia lagi ngakali bagimana cxaranya memikat dia ..

    • Itu adalah aksi Panembahan Senopati dan para pemimpin Mataram untuk diambil fotonya di foto studio. Karena studio hanya punya background istana, maka jadilah hasil gambar seperti itu.

      Sumber: fotomataram.wordpress.com

  31. Ikut antri ah

  32. Melu Absen Ki (kok urung ono kitabe)
    Manohara bebas hore… Merdeka (maksud lo)

  33. TOMBO NGANTUK………TOMBO NGANTUK

    Di bawah ini ada DUA KATA yang artinya
    hampir sama (Melindungi) walaupun dalam
    makna yang berbeda:
    1.Sarang
    2.Sarung
    Apa Perbedaan DUA KATA di Atas………
    Monggo Ki

    • Sarang itu rumah burung yang bisa terbang ..
      Sarung itu rumah burung yang bisa berenang?

      Bisa salah lho 🙂

      • Ada satu lagi yang bukan untuk burung ki, sarung jagung – klobot. Malah ada gendingnya pangrawitnya Ki Narto Sabdo

  34. nah lo apaan iku ki

  35. sakaaawww…sakaaww…
    tiap hari kok sakaw…kekekekeke

    • Wuh ketemu Ki Maswal… Masih ingat saya nggak Ki? Dulu pernah disuruh nelan biji salak sama Ki … (cantrik yang ngamuk karena sakauww)..

  36. Terimakasih III-55-nya.

    • Terima kasih apane?

      • TERIMAKASIH KITABYA (255) kang, thanks Nyi

    • Karena dah dibuka gandoknya gitu ya Ki… Apa karena mata tua saya yang tidak lihat kitab diwedar???

      • waduhh… isinya 255 gambarnya covernya 251, tapi gak apa2 yg penting isinya, terimakasih

  37. Ada yang bisa jelaskan kenapa dengan mengirimkan utusan perempuan ke Madiun telah menimbulkan perpecahan di antara para pemimpin Madiun? Mengapa pula hal tersebut dianggap pula menodai sikap kesatria pihak Mataram?

    • Betul Bang Bona, ….. itu barangkali kepandaian Ki SHM berteka-teki. Musdah-musdahan nanti akan ada penjelasannya. Kalau tidak dijelaskan, maka nilai plus dari serial ini akan anjlog. Masa untuk memecah konsentrasi pasukan di Madiun cukup dengan seorang wanita. Dan kok ya begitu mudah bagi Panembahan Madiun yang sudah sepuh bisa mengorbankan kehormatannya untuk seorang perempuan. Siapakah dia Ki Arema ?

    • sebelumnya ada cantrik yg pernah copy paste riwayat perang mataram vs madiun. disebutkan disitu kalahnya madiun karena mataram berhasil meyakinkan panembahan madiun kalau panembahan senapati bersedia menyerahkan diri ngaku kalah. percaya dengan berita itu, banyak pasukan madiun yang pulang kembali bersama masing2 adipatinya ke wilayahnya masing2. pada saat madiun sudah kosong, mataram masuk. cerita benerannya kali Kyai Gringsing yang tahu.. he..he.

  38. wis teko.. dipun sekecaaken..

  39. O, dah keluar betulan, maaf2… Matur nuwun…

  40. makasih kitabnya

  41. Terimakasih monggo, kados maos Al Qur’an Ki Widura…

  42. suwun

  43. Matur nuwun juga. Tapi ngumpetnya di mana ya?Mohon sedikit jembatan keledai.

  44. matur suwun … onggop .. eh … monggo

  45. nuwun….. meh wae kadit itreng

  46. trimakasih kitab nya

  47. He he he, ………. pada berrahasia ni ye?
    Sabaaar, ……… sabar!

    • Gak usah diberi tahu gak papa.

    • Entar kalo udah saatnya tau, tau tau jadi tau.

  48. Tetapi kalo tidak tau tau lama2 jadi sok tau.

  49. Terima kasih kitab III-55.
    Tapi Cover oggnom 2 III-55 di kitabnya III-51, tertukar sampulnya ya.

  50. Weleh weleh, cantrik anyaran arep antri jebul kok kitabe uwis cumepak, ya wis langsung dikedhapi wae. Matur nuwun ki.
    Tak nganggo basa ngoko wae, ndhak diarani cantrik lawas kang lagi membo-membo. Kaya elmune Ki Waskita wae. Suwun.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: