Buku III-46

Kekancingan

 

Sifat : Rahasia dan Segera

 

Sehubungan dengan panasnya situasi antara Madiun dan Mataram, maka dengan ini ditugaskan kepada Senopati untuk mempersiapkan jalan bagi pasukan Mataram.

Tugas ini terhitung sejak 23 Mei 2009 dan hendaknya diselesaikan pada akhir Juli 2009.

Supaya tidak mengganggu suasana belajar di padepokan, hingga ditunjuknya perwira pengganti lainnya, maka hendaknya disiapkan bekal bagi cantrik yang ditinggal, minimal untuk tiga rontal.

***

Mataram 22 Mei 2009

Ki GD

Laman: 1 2

Telah Terbit on 23 Mei 2009 at 19:26  Comments (164)  

The URI to TrackBack this entry is: https://adbmcadangan.wordpress.com/buku-iii-46/trackback/

RSS feed for comments on this post.

164 KomentarTinggalkan komentar

  1. wah asyik… sudah dibuka

    • melu antri

      • elok aku…

        • Titip Absen

  2. melok ndlosor antrri

  3. asyik dapat tiga rontal…

  4. wah..wah..maturnuwun sanget

  5. nunut

  6. Ki GD, 3 rontal sejak hari ini 23 Mei sampai 31 Juli 2009?
    Mana tahaaan?

    • Belum dong Ki,
      Maksudnya gimana, apa 23 Mei s.d 31 Juli 2009 cukup tiga rontal, atau mulai sejak tanggal 23 Mei 2009 tiga rontal setiap hari………
      he he he maunya sih gitu.

      nuwun

  7. antri..

  8. wah wah harus bantu ronda, babat dalan, ben lancar, tapi 3 rontal perintah yang menjanjikan

  9. hadir lagi ……..

  10. Ki Truno Podang, 3 rontal per hari sejak hari ini…qqqq…

  11. Mana 3 rontalnya…… hi…hi….hi….hiks….

  12. wah gak sabar ngenteni pistol e kyai gringsing muncrat . . .

  13. selamat bermalam minggu para cantrik

    btw.. belum di wedar ya kitab nya??? 😀 😀 😀

  14. ngabsen, sinambi ngemong bocah

    • wah, berarti ben dino 3 kitab, siap-siap…

  15. Terima kasih KI atas rencananya utk menurunkan 3 kitab nya…..

  16. hadiiiiiiiiiiiirrrr….

  17. Patut di syukuri dengan turunnya surat kekancingan.
    Memang bumi mataram semakin panas, perlu dilakukan penyelesain secepatnya agar tidak terkatung2 terus.

    Jadi methode 3 kitab perhari merupakan solusi yg tepat sesuai dengan jargonnya “Lebih Cepat Lebih Baik” kecuali buat para nyai di rumah justru kebalikannya” Lebih Lama Lebih Baik”…

  18. Alhamdulillah, ………. matur nuwun Ki GD~!
    3 kitab per harinya.

  19. absen sik……….

  20. 396 – 245 = 151
    23 Mei – 31 Juli = 8 + 30 + 31 = 69
    151/69 = 2,19
    Wah wah wah, ……. realistis sekali Ki GD.
    Hatur nuhun Ki GD!

    • langsung njupuk kalkulator……..

      • ki truno ini pantas jadi bandar togel, pinter ngramal nomer yang akan keluar 😀 😀 😀

  21. Aciiiiik…ditunggu kitabnya Nyiii..
    Ada perasaan gembira, sekaligus sedih nih.
    Gembiranya jelas…
    sedihnya…berarti semakin cepat selesai…semakin cepat bubar dong padepokan adbm…
    Padahal ada perasaan bersaudara yang mengikat erat…belum bubar aja udah sedih ngebayanginnya…
    Harapannya…padepokan tetap berlanjut…meski diisi dengan cerita SHM yg lain..

    • Nggak bubar kok Ki, bukankah Nyi Seno mengisyaratkan akan ditunjuknya perwira penggantinya?

      • Sejauh yang aku pahami,perwira pengganti tsb adalah khusus untuk menangani adbm aja Ki.
        Ki GD menunjuk Senopati mempersiapkan jalan (berarti kelancaran kitab2), trus untuk menjaga kelancaran kitab diwedar, akan ditunjuk perwira pengganti (pengganti senopati yang biasanya bertugas wedar kitab).
        Tidak dijelaskan untuk kelanjutan padepokan tuh Ki.

    • cocok tu seperti pelangi dilangit singosari, ceriteranya bagus, ingat2 lupa, maklum masih smp dulu

  22. Waduhh…. 3 lontar sehari??? bener2 glegeken nih 🙂

    Matur nuwun sanget Ki GD….. dipun antos kitabipun

  23. Ikut antri juga.

    Sayang sekali kalo padepokan ini sampai bubar,
    mudah-mudahan tidak ya.

  24. Geser-geser kursor pada surat kekancingan diatas.
    Kalimat demi kalimat…
    Huruf demi huruf…
    Bahkan titikpun ga ada yang ketinggalan..
    Masih tetap ga ada yang nyantol nih..hehehe

    S coba dibaca dari sudut pandang Senopati, Ki..

    • Saya coba baca ulang ya Nyi $,..barangkali ada bentuk2 semu…

      • bukan ki.. maksudnya nyi sena, coba pandanglah nyi sena dari sudut gondok… 🙂

        • Wa..mengko malah disrengeni Nyi $..

  25. tanda-tanda mau bubar…??
    mudah2an gak….sambil harap2 cemas..he..he

  26. nek panggraitaku malah lontaran rontal rampung tgl. 31 juli…

    • Lho kan betul to Ki Pandanalas…
      Surat kekancingan menyebutkan akhir Juli.
      Ki Pandanalas sampai mengeluarkan Aji Sapta Panggraita segala nih.

      • hi..hi..hi.. hyper…. :mrgreen:

  27. serius nih 3 kitab per hari? hueeeebaaattt kalo begituh :mrgreen:

  28. S coba dibaca dari sudut pandang Senopati, Ki..

    Kekancingan

    Sifat : Rahasia dan Segera

    Sehubungan dengan panasnya situasi antara Madiun dan Mataram, maka dengan ini ditugaskan kepada Senopati untuk mempersiapkan jalan bagi pasukan Mataram.

    Analisis : Rupanya pemanasan global (global warming) sudah berlangsung sejak dahulu (abad ke XVI)

    Tugas ini terhitung sejak 23 Mei 2009 dan hendaknya diselesaikan pada akhir Juli 2009.

    Analisis : Senopati kalo menurut struktur kepangkatan sekarang ya Direktur Jenderal. Kalo malakukan tugas negara maka uang saku perhari adalah Rp 5 juta. Sehingga berdasarkan surat kekancingan ini Nyi Senopati mendapat surat tugas selama 59 hari. Berarti uang sakunya 59 x Rp 5 juta = Rp 295 juta.

    Supaya tidak mengganggu suasana belajar di padepokan, hingga ditunjuknya perwira pengganti lainnya,

    Analisis : Perwira pengganti akan ditunjuk setelah penugasan Nyi Seno berakhir pada tanggal 31 Juli 2009.

    maka hendaknya disiapkan bekal bagi cantrik yang ditinggal minimal untuk tiga rontal.

    Analisis : Setelah Nyi Seno diganti, maka agar suasana belajar dapat terus berlangsung, akan diterbitkan 3 judul baru selain ADBM seperti Pelangi di Langit Singosari, Mata Air di Atas Bukit, dan Merpati Satu Sarang. (Nulis ngawur)

    ***

    Mataram 22 Mei 2009

    Ki GD

    Hatur nuhun,
    Ki Truno Podang (Analis Rontal)

    S gubraaakkk..

    • Saya sudah nyantrik di padepokan sejak awal, dengan pangkat cantrik sepuh, dengan gaji kira-kira 2,5jt per bulan. Kalau mbakyu Seno dapat uang saku 295juta untuk tugas 59 hari, maka saya harus bekerja dipadepokan selama 118 bulan = 9 tahun 9 bulan = 3540 hari. Jadi bobot saya hanya 59/3540 = 1/60 dibanding mbokayu Seno.

  29. Wah….., telat aku.

    Habis dari njagong manten.

    Eeee, ternyata gandok 246 sudah dibuka dengan pengumuman yang bisa ditafsirkan macam-macam sesuai dengan persepsi para cantrik.

    Kalau menurut hemat saya kok begini ya.
    Nyi Seno mendapat tugas (tidak tahu tugas apa) cukup lama (sampai akhir Juli), agar padepokan tetap berlangsung, akan ditunjuk senopatri penggantinya. Agar senopati pengganti bisa beradaptasi dengan kondisi padepokan, Nyi Seno akan meninggalkan 3 buah lontar 246, 247 dan 248. Sisanya akan diwedar oleh senopati peggantinya.

    Begitukah Nyi.

    Kalau sehari 3 kitab, pasukan scanner yang akan mati sambil ngeloni scanner. Sehari harus nyecan 9 kitab, he he….,
    Dan lagi, apakah ADBM’ers tidak “rembes” semua, kekantor dengan mata merah karena kurang tidur.

    • Hahaha…
      Ini baru masuk akal..
      Bukannya kurang setuju 3 kitab sehari…tapi demi kesehatan para cantrik juga.
      Kasihan Kyai Gringsing kalo harus mengobati para cantrik yang sakit mata. Padahal banyak prajurit mataram dan Pengawal Tanah Perdikan Menoreh yang juga memerlukan penanganan secepatnya.
      Satu kitab per hari sudah sangat bagus kok. Sekalian ada waktu cukup untuk nyiapin lanjutan cerita SHM yang lain.
      Ki Arema habis jagong manten…biasanya bawa krecek gemblong untuk para cantrik.

      • Walah….. begitu tho ternyata….

        jebule 3 kitab untuk persediaan 3 hari kedepan tho??? kirain…. (sambil berdo’a, mudah2an angan2 jadi kenyataan – 2 kitab sehari cukup lah 😛 )

        yaaaa…. kalo ternyata itu yang dikersakke para bebahu, ya mau gimana lagi? para cantrik sak drema trima ing pandum sajah :).

        matur nuwun klarifikasinya Nyi…. selamat bertugas, sukses selalu.

  30. sepertinya ki arema akan diberi mandat untuk membagikan 3 kitab perhari sampai senapati pulang dari madiun….

    ….
    kiriiimmmmm..

    • Sembunyi saja, sebelum diberi tugas itu.

      • Tak tunggu deh kirimane mumpung nanti malem minggu keokeokeokeo…

      • Njuk sopo maneh ki Arema, nek dudu njenengan?

        • Ki Truno?…Ki Pandanalas?…

          • ki arema…

  31. e alah…ketularan Swandaru, rumangsane wis paling top jebule rung ono apa-apane. Kliru nafsirke pitutur….

  32. Wah … bakalan hebon nih …. akan ada hujan rontal setiap hari nya …. dan para cantrik yang kebanjiran bakal bersuka-ria …. sampe menjelang pemilihan pemimpin kita nih …. Trims Ki GD … Tetap Semangat Nyi Seno …. Terima kasih atas jerih payahnya membantu menyenangkan hati dan menambah ilmu poro cantrik di padepokan ini …

  33. Nah…lo..
    Nyi Seno langsung ngasih penjelasan. Betul analisis Ki Arema (Atau sudah komunikasi pakai aji pemeling duluan, hehe).
    Persepsi berbeda yang kemudian muncul, ternyata membuat Nyi Seno merasa perlu untuk memberikan tambahan penjelasan. Sehingga yang semula semu akan hilang dan yang nyata tetap nampak.
    Selamat bertugas Nyi…semoga diberi kelancaran dan keselamatn sampai tugasnya selesai. Para cantrik akan tetap menunggu kembalinya Nyi Seno di Padepokan. Kolam ikan, kebun, sawah-ladang dan rajakaya akan tetap terpelihara.

    S terimakasih Ki.. 😀

    • CBSA…kalo ga salah waktu aku masih SMA Nyi..
      Tahun 1985-1988.

    • hehehehe… dengan begitu akhirnya senapati akan segera memberikan 3 kitab sekaligus….

      kiriiimmm…

  34. semoga dimudahkan dalam tugas2nya nyi.. Amien..

  35. Seorang anak wanita ( Rara ) selalu bermain dengan temannya anak laki2 tetangga( Jaka ) , setiap sang ibu membuatkan dia kue dia selalu membaginya dengan teman laki2nya itu sampai suatu saat tetangga itu pindah keluar kota. Rara hanya tertawa dan melambaikan tangan saat jaka pergi bersama orang tuanya. Hingga suatu saat sang ibu membuatkan rara kue dan ia pun berlari sekencang2nya ke rumah tetangga dan menyadari bahwa jaka telah pergi,dan dia baru menangis sedih tanpa tau kemana kue itu akan dibagi.

    Intinya adalah, kamu akan menyadari betapa berarti dan berharganya sesuatu bagimu setelah kamu kehilangan-nya.

    Untuk Nyai senopati selamat bertugas di tempat baru dan percayalah para cantrik padepokan selalu setia menanti kembalinya Nyai, karena seperti yang Nyai harapkan bukan sekedar kitab yang kita inginkan tapi rasa persaudaraan dan rasa bersama memiliki padepokan ADM ini yang membuat hati kita merasa hidup.

    sedih mode ON (sementara).

    S *hiks..

  36. bubrah semua nih..
    coba tanya ki lateung….,dimana dikau…

    (arti bubrah tuh apa sih??)

  37. Selamat bertugas ditempat lain Diajeng Senopati, semoga cepat kembali. Dan untuk menjaga ketentraman proses CBSA sebaiknya kitab yang ditinggalkan 7 kitab dulu (untuk 1 minggu), karena menurut Ki GD kan – paling sedikit – 3 kitab. Supaya bisa tenang mencari pengganti sementaranya.

    Para cantrik lain setuju apa agree ?

    • saya setuju….

    • sangat setuju sekali……….

      • Slamat bertugas ditempat baru Nyi Seno…berapapun kitab yang akan ditinggalkan siap ngunduh lah pokoknya baik 3 maupun 7 kitab sekaligus.

        • Amiennnnnnn

  38. turut absen langsung antri

  39. pertanyaannya sekarang….. kapankah bekal 3 kitab bakal diwedhar??? tunggu isyarat dara muluk, nunggu ayam jago berkeruyuk 3 kali, atau nunggu serangan fajar nih?? 🙂

  40. vote of the day…. ki sukra atau ki arema hayooooooo

    • Ki Arema…

      • ki arema atau ki sukra hayooooooooo

        • Ki Sukra…

          • ha..ha..ha……

        • ki Banuaji!

          • ki…sanak….!!

          • lho….

            • ki lho gak ikut…

  41. Diobok-obok airnya diobok-oboook…

    Ada ikannya kecil-kecil pada maboook…

    Digeser-geser kursornya digeser-geseeer…

    Banyak cantrik mencari kitab karna sakaaaw..

    Dingin..dingin.. minta kirim…

    Kitab a de be eeem…

    • Ada air huujaaan (rasanya tawar)

      Ada air lauuut (rasanya asin)

      Ada a de be eem..(rasanya asyik)

      Itu untuk..cantrik..cantrik..mentrik..cantrik..mentriik..

  42. kalau kekancingan liburnya 2 bulan
    Nanti kalau kekencingan liburnya 9 bulan ya, mungkin lho

  43. Kang mBokayu Ati… mat bertugas ya… semoga sukses menjadi duta ngrampungi…

  44. Wah .. Nyi Seno … selamat bertugas …. doa dari poro cantrik padepokan ini selalu menyertai Nyi Seno … agar segala kemudahan dan keberhasilan selalu menyertai perjalanan dan tugas-tugas yang dijalani … serta tidak lupa keselamatan selama bertugas hingga pulang dan mengayomi padepokan ini kembali …

  45. Selamat bertugas Nyi Seno, semoga berhasil
    kalau dilihat lamanya tugas, sepertinya diluar tlatah Mataram
    sekiranya masuk tlatah ‘Jejeran Kauman’
    monggo mampir

  46. Tim sukses yo Nyi???…nek perang Mataram karo Madiun berarti sing enom lawan sing tuwo…sing endi sing enom sing endi sing tuwo…walah embuh. Sing penting sukses nggo nyi Seno, sukses ugo nggo padepokan

  47. clingak clinguk…gak mudeng maksudte opo…
    hmm…tp kayane bakal ada rotasi kepemimpinan padepokan ni,,,
    hmm…tetep ra mudeng maksudte opo…
    wis maturnuwun wae,,,, untuk semuanya,, sugeng tindhak,,mugi lir ing sambikolo…

  48. ow…ternyata ada penjelasannya di halaman dua…duh ketularan ki banu ni…penting komen sik,,,baca belakangan,,,

    • he..he..he.. seperti h5n1 aja…

  49. Kekancingan dan Rahasianya
    Waktu kepergian Nyi Senowati untuk dua bulan ini bersentuhan dengan waktu pemilihan Presiden. 3 Kitab yang akan ditinggal mengandung misteri kehidupan dari tiga pasangan yang ada: SBY-BD, JK-WIN dan MG-PB.
    Sebagai orang yang punya masa, Senopati punya bargaining position untuk menempatkan beberapa menteri, Gubernur, dll. dari Partai ADBM. Berikut ini calon menteri dari ADBM.
    Ki Arema, menteri keuangan; Ki Pandanalas, menteri kehutanan; Ki SAS, menteri olah raga (adu ayam); Ki TruPod, menteri kesenian; Ki Amat, menteri Agama, Nyi Rara Wulan, Menteri Urusan Wanita; Ki Banuaji, Menteri Pendidikan; Ki Manggala, Ketua Pemberantasan Korupsi. Sedangkan Badan Intelligent Negara dipegang oleh Ki Telik sandi. Ki Widura, pension awal.
    Cantrik yang lain harus banyak belajar dulu ya? 😛
    Selamat bertugas Nyi Seno …. Pasti berhasil …. Hidup ADBM.

    • Sorry, Ki Arema terpaksa dipindahkan ke posisi Menteri Penerangan, karena sering keliling-2 daerah. 🙂

      • ki widura, dilarang pensiun karena posisi menkokesra belum ada yang menggantikan 🙂

        • Suruh ngurusi kesejahteraan rakyat kalangan atas itu angel Ki, bagaimana kalau jadi Gubernor Bank Indonesia.

          • ha..ha..ha.. masa’ ngurusi kesejahteraan cecak sama burung ki…. ya nggak laaah…

        • Menteri Perikanan kita kok belum datang, Ki Kimin. Mana pula menteri perairan Ki alghors dan menteri Luar Negeri Ki Manahan?

          • Ki pandan pas’e dadi menteri urusan wanita wae.

            Mesti gelem piambak’e…ki

      • ki widura,ketua tims sukses wae

  50. oh iya, selamat ya nyi… semoga dalam pencalonan nanti bisa dipilih oleh seluruh rakyat…

    • wah ora mudeng aku….tapi yang jelas kitab masih beredar kan?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: