Buku III-17

217-00

Laman: 1 2

Telah Terbit on 25 April 2009 at 08:19  Comments (172)  

The URI to TrackBack this entry is: https://adbmcadangan.wordpress.com/buku-iii-17/trackback/

RSS feed for comments on this post.

172 KomentarTinggalkan komentar

  1. absen bos…
    dapat nomor berapa ya?

    • akhirnya kelakon dpt nomor 1.
      kerjo disik ah…

      • ki balung gerih pinter….
        njuk dideseli dewe

        • deseli siji meneh… nyepakke nyai kula

          • nyuwun sewu ki arema,…kulo tak njagong teng ngajenge nJenengan (kalah terus karo ki goenas…)

            • ki pandan… nek do jagongan nang kene.. sing jogo fesbuk sopo ki..???

              • tenang wae ki, aku tak mateg aji kakang kawah adi ari-ari

                • Turut Ndesel

          • hehehe.. tak pikir-pikir Nyai Senapati ki cerdas tenan….
            dengan cara “berbalas pantun” seperti ini.. target 2.000.000 pasti cepat dicapai, lha do seneng ndesel-ndesel koyo ngene iki

      • Kalah disik karo ki Gonas

        Gak ketok Ronda, tapi nek ana gandok dibukak cepet banget weruhe.

        • biasa entuk bocoran saking cantrik sik do nglanglang teng “dunia fesbuk” ki…

          • walah-walah kok podo seneng karo sing bocor-bocor to ki
            🙄

    • ikut di nomor 1 ah .. 🙂

  2. Biar ramai ikut nemani……absen hadir Nyi

  3. Wah kayakx hari ini bakalan tembus 2 jt klik nih…. Hebat 3x….. :mrgreen:

    • syarate 3 kitab dino iki … (wedare ora sah nurut pakem)

  4. ikut absen

  5. Daftar

  6. Ndlosorrrrr…..

  7. ikut absen,
    ben ndang genep
    2 jt klik

  8. melu

  9. hadir disini juga ah.. mumpung masih sepi, diisi sedikit tulisan dari tetangga sebelah..

    RAHASIA Kecil KEBAHAGIAAN
    Rahasia Kebahagiaan adalah :
    MEMUSATKAN PERHATIAN PADA KEBAIKAN DALAM DIRI ORANG LAIN.
    Sebab, HIDUP BAGAIKAN LUKISAN :
    Untuk Melihat KEINDAHAN Lukisan yang TERBAIK Sekalipun,Lihatlah Di Bawah SINAR yang TERANG,BUKAN di Tempat yang TERTUTUP dan GELAP Sama Halnya Sebuah GUDANG.

    Rahasia Kebahagiaan adalah
    TIDAK MENGHINDARI KESULITAN.
    Dengan Memanjat Bukit, bukan Meluncurinya, Kaki Seseorang Tumbuh Menjadi Kuat.

    Rahasia Kebahagiaan adalah
    MELAKUKAN SEGALA SESUATU BAGI ORANG LAIN.
    Air yang Tak Mengalir Tidak Berkembang.Namun, Air yang Mengalir dengan Bebas Selalu Segar dan Jernih.

    Rahasia Kebahagiaan adalah
    BELAJAR DARI ORANG LAIN dan BUKAN MENCOBA MENGGURUI MEREKA.
    Semakin Anda Menunjukkan Seberapa Banyak Anda Tahu, Semakin Orang Lain akan Mencoba Menemukan Kekurangan dalam Pengetahuan Anda. Mengapa bebek disebut “bodoh”? Karena Terlalu Banyak berCUAP-CUAP.

    Rahasia Kebahagiaan adalah
    KEBAIKAN HATI : MEMANDANG ORANG LAIN.
    Sebab, Setiap Ciptaan adalah Milik Anda.KITA SEMUA adalah CIPTAAN TUHAN yang SATU.

    Rahasia Kebahagiaan adalah
    TERTAWA BERSAMA ORANG LAIN,
    sebagai SAHABAT dan BUKAN MENERTAWAKAN, sebagai Hakim.

    Rahasia Kebahagiaan adalah
    TIDAK SOMBONG.
    Bila Anda Menganggap Mereka Penting,Anda akan Memiliki Sahabat ke Manapun Anda pergi.Ingatlah bahwa musang yang paling besar akan mengeluarkan bau yang paling menyengat.

    Kebahagiaan Datang kepada Mereka yang MEMBERIKAN CINTANYA SECARA BEBAS dan MELEPASKAN, yang TIDAK MEMINTA ORANG LAIN MENCINTAI MEREKA TERLEBIH DAHULU. BERMURAH HATILAH seperti MENTARI yang MEMANCARKAN SINARNYA Tanpa Terlebih Dahulu Bertanya “Apakah Orang-orang Patut Menerima Kehangatannya” .

    Kebahagiaan Berarti MENERIMA APAPUN yang DATANG dan Selalu mengatakan Kepada DIRI SENDIRI “AKU BEBAS DALAM DIRIKU”.

    Kebahagiaan Berarti MEMBUAT ORANG LAIN BAHAGIA.
    Padang Rumput yang Penuh Bunga Membutuhkan Pohon-pohon di Sekelilingnya, Bukan Bangunan-bangunan Beton yang Kaku.
    KELILINGILAH PADANG HIDUP Anda dengan KEBAHAGIAAN.

    Kebahagiaan Berasal dari MENERIMA ORANG LAIN SEBAGAIMANA ADANYA ;
    Nyatanya Menginginkan Mereka Bukan Sebagaimana Adanya. Betapa AKAN MEMBOSANKAN Hidup ini jika Setiap Orang Sama. Bukankah Taman pun Akan Tampak Janggal Bila Semua Bunganya Berwarna Ungu ?

    Rahasia Kebahagiaan adalah
    MENJAGA agar HATI Anda TERBUKA Bagi Orang Lain dan BERBAGI pengalaman-pengalaman Hidup.
    HATI LAKSANA PINTU SEBUAH RUMAH. CAHAYA MATAHARI Hanya Dapat Masuk Bilamana Pintu Rumah Itu Terbuka Lebar.

    Rahasia Kebahagiaan adalah
    MEMAHAMI bahwa Persahabatan Jauh LEBIH BERHARGA Daripada Barang ;
    Lebih Berharga daripada MENGURUSI Urusan Sendiri ; Lebih Berharga daripada BERSIKUKUH pada Kebenaran Dalam Perkara-perkara yang Tidak Prinsipil.

    • Mungkin ada yang dapat mengurangi kebahagiaan Jeng Nunik.

      Seminggu kitab tidak diwedar, mesti kebahagiaan Jeng Nunik akan berkurang.

      • waduh, nek kulo nggih mboten ki, la wong kulo ngunduhe dijadwal 3 hari sekali pas lagi kewarnet (kalo komen biasanya lewat hp).. ato pas lagi pengen kewarnet (pernah ki, lewat seminggu gak kewarnet yo brarti ngunduhe lewat dari seminggu to..) 🙂
        gak pernah maksa tiap hari kewarnet ki.. kasian dompet..kekekekkek..

        masala-ipun mboten wantun mbuka teng kantor, sungkan kalihan bos-ipun.. la piye la wong bos-e konco dewe, nek kerjo gak serius kan dadi isin..hehehehe..

        • Nggih sampun

          Syukurlah kalau begitu.

    • Menarik sekali Jeng Nunik…
      Izin copas ya? untuk BL-ku..
      Teng kyu

  10. boleh nitip tulisan lagi nggak nyi.. boleh yach…kekekekek…maksa lo…

    Suatu hari, Imam Al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya lalu beliau bertanya (Teka Teki ) :

    Imam Ghazali = ” Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini ?
    Murid 1 = ” Orang tua ”
    Murid 2 = ” Guru ”
    Murid 3 = ” Teman ”
    Murid 4 = ” Kaum kerabat ”
    Imam Ghazali = ” Semua jawapan itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita ialah MATI . Sebab itu janji Allah bahawa setiap yang bernyawa pasti akan mati (Surah Ali-Imran :185).

    Imam Ghazali = ” Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini ?”
    Murid 1 = ” Negeri Cina ”
    Murid 2 = ” Bulan ”
    Murid 3 = ” Matahari ”
    Murid 4 = ” Bintang-bintang ”
    Iman Ghazali = ” Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling benar adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kendaraan kita, tetap kita tidak akan dapat kembali ke masa yang lalu. Oleh sebab itu kita harus
    menjaga hari ini, hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama”.

    Iman Ghazali = ” Apa yang paling besar didunia ini ?”
    Murid 1 = ” Gunung ”
    Murid 2 = ” Matahari ”
    Murid 3 = ” Bumi ”
    Imam Ghazali = ” Semua jawaban itu benar, tapi yang besar sekali adalah HAWA NAFSU (Surah Al A’raf: 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu kita membawa ke neraka.”

    IMAM GHAZALI” Apa yang paling berat didunia? ”
    Murid 1 = ” Baja ”
    Murid 2 = ” Besi ”
    Murid 3 = ” Gajah ”
    Imam Ghazali =3D ” Semua itu benar, tapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Surah Al-Azab : 72 ). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka menjadi
    khalifah (pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya berebut-rebut menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka karena gagal memegang amanah.”

    Imam Ghazali = ” Apa yang paling ringan di dunia ini ?”
    Murid 1 = ” Kapas”
    Murid 2 = ” Angin ”
    Murid 3 = ” Debu ”
    Murid 4 = ” Daun-daun”
    Imam Ghazali = ” Semua jawaban kamu itu benar, tapi yang paling ringan sekali didunia ini adalah MENINGGALKAN SOLAT . Gara-gara pekerjaan kita atau urusan dunia, kita tinggalkan solat ”

    Imam Ghazali = ” Apa yang paling tajam sekali di dunia ini? ”
    Murid- Murid dengan serentak menjawab = ” Pedang ”
    Imam Ghazali = ” Itu benar, tapi yang paling tajam sekali didunia ini adalah LIDAH MANUSIA. Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri “

    • 😎

      saestu meniko jeng nunik,

      ngangsu kawruh ten pundi jeng, sajake kok ngedab-ngedabi ilmunipun.

      😎

      • nurun kok ki..
        ngangsu kawruh kan bisa dimana aja..
        disini adalah salah satu tempatnya, kalo ki banu, ki amat, ki ismoyo dan cantrieks2 yang lain lagi niat untuk bagi ilmu…
        tapi saiki jarang maneh..eh ada ding kemarin ki banu yang nge-send.. lali aku..hehehe..

        • Matur nuwun siraman rohanipun, mugi bermanfaat damel kulo…

  11. Ih…. Jeng Nunik biki aku tambah kagum saja… (ndlosor sambil berangan-angan, semoga nanti malem ngimpi ketemu jeng nunik)

    • aduh…dadi isin aku..xixixixixi..

      welah, napa mesti nanti malem ngimpi ketemu ki..
      la sekarang aja lak yo bisa to??? 🙂

      • Lebih enak sambil ngimpi lho jeng, ntar bangun-bangun dah pinter, seperti RR…kalau abis ngimpi tambah pinter

      • Oh ya hampir lupa, boleh nanya pesbuknya jeng nunik apa ya?, sapa tau nanti malem ngimpi pesbukan sama jeng nunik…

        • hemmm.. cari sendiri di group adbm ki, udah terdaptar disana..hehehehe.. gaya pake teka teki sisan..
          afwan nggih ki..

        • walah ki goenas lagi kumat mbelinge….

          • Wah aku kok kalau mimpi, pas bangun bukan pinter tapi malah ngiler…
            Salah sinau yak’e …

          • Walah ki pandan gayane isin-isin, padahal nang pesbuk ngisin-ngisinke lho…., ayo gek dirembugi

            • ojo mbukak wewadi ki … lah wong podho mbelinge kok yo isin-isin, mengko nek wis kepanggih FB-ne jeng Nunik, aku kandani yo

  12. Absen ronda

    Sudah disiapkan wedang ronde dan jagung bakar. Sambil nunggu diwedarnya kitab 217. Barangkali diwedar malam ini.

  13. Hadir….

  14. tumut nyantrik

  15. hadir juga

  16. Absen Nyi Seno ….
    Telat sekedap ……. nembe pados singkong.

  17. Sapaan dan Ungkapan dalam Percakapan
    Bapak > Pakbapak
    Ibu > Bu ibu
    Kangmas > Mas abang/kakak lali-laki
    Mbakyu > Mbak, Yu kakak perempuan
    Adhik > Dhik adik laki-laki/perempuan
    Dhiajeng > Jeng adik perempuan
    Dhimas > Dhimas adik laki-laki

    Kula nuwun Permisi
    Mangga lenggah Silahkan duduk
    Mangga pinarak Silahkan mampir
    Dipunsekecakaken Jangan sungkan-sungkan, anggap rumah sendiri
    Nuwun sewu Maaf

    Kadospundi ? Sugeng ? Bagaimana ? Sehat ?
    Pangestunipun Sehat, terima kasih

    Nami kula….. Nama saya …..
    Griyo kula wonten ….. Rumah saya si …..
    Lenggahipun wonten pundi ? Tinggal di mana ?
    Menapa panjenengan rawuhpiyambak ? Apakah anda dating sendirian ?
    Inggih/Mboten Ya/Tidak

    Putra sampun pinten ? Anak sudah berapa ?
    Kula dereng emah-emah Saya belum menikah
    Mangga kula aturi dhahar Mari makan
    Matur nuwun, kula sampun sarapan Terima kasih, saya sudah sarapan
    wau enjing tadi pagi.

    Badhe tindak pundi ? Mau ke mana ?
    Kula badhe blanja Saya mau berbelanja
    Kepareng rumiyin, kula kedah wangsul Permisi dulu, saya harus pulang
    Sampun, nggih Permisi
    Mangga Silahkan

    Sugeng rawuh Selamat datang
    Sugeng dhahar Selamat makan/selamat menikmati
    Sugeng tindak Selamat jalan
    Sugeng sare Selamat tidur
    Sugeng enjing Selamat pagi
    Sugeng siyang Selamat siang
    Sugeng ndalu Selamat malam

    • nek geg ugeg mbel nggedumbel artine nopo ki?

      • Ki lurah Badranaya sing lenggah ana padukuhan Karang Kadempel, dikancani Gareng, Bagong/Carub/Bawor, lan Petruk. Ki.

  18. wah ada pelajaran bahasa Jawa….baguslah….

  19. Ki Pandan,
    bukannya itu omongan khas nya kyai Semar Bodronoyo kepada Janaka, atau ksatria momongannya yang lain, ketika dia menghadap dan tidak segera mendapat tanggapan atas kehadirannya,
    mbegegek ugek ugek mbel mbel / nggedumbel sak dulito,
    artinya apa ya,
    diam seribu bahasa, tidak bergerak gerak sama sekali?

  20. Diajeng Senopati, seharusnyalah seseorang itu harus bisa menepati janjinya. Lha saya sudah berjanji kepada diri sendiri akan ada bonus kitab hari ini. Bisa bantu Diajeng ? supaya saya bisa memenuhi janji pada diri sendiri ? :-h :-h (ini cuma ikhtiar koq .. :-h)

    Ikut antri lagi di gandok 217 Diajeng Senopati ..

  21. hehe salah code mustinya :-h diganti 🙂

  22. Ki Pandanalas,

    Ungkapan penuh makna yang sering dilontarkan Ki Lurah Semar Bodronoyo :
    mbegegeg ugeg-ugeg sadulit-dulita, hemel-hemel..

    mbegegeg = diam di tempat
    ugeg-ugeg = bergerak
    sadulito = walau hanya sedikit
    hemel-hemel = makan

    Mungkin artinya :
    “orang hidup harus mbegegeg ugeg-ugeg sadulito hemel hemel”.
    yang artinya meski tampak orang hidup harus terus bergerak dan berupaya untuk mencari rejeki meskipun hanya sedikit yang diperoleh.

    Kalau salah mohon dibetulkan Pak Dhalang.

    • yang artinya meski tampak seperti diam orang hidup harus terus bergerak dan berupaya untuk mencari rejeki meskipun hanya sedikit yang diperoleh.

      • Hyang Pukulûn Naroðo dari kahyangan Sudûk Pangudal-udal :
        prokencong-prokencong, pak-pak pong, waru dhoyong ditegor uwong…
        Hyang Ismoyo atau ki Lurah Semar Bodronoyo dari Karang Tumaritîs :
        laeeee-laeee… mbegegeg ugeg-ugeg sadulito, hemel-hemel…
        Pendito Dûrno dari peguron Sókolimo
        Lolé-lolé sómo lólé sómo ranté, woh gembol mblegedug monyor-monyor…

        • lagek saiki yen sakjatine ki Ismoyo iki mbiyen2e ndhalang

          • nulis iki kanggo ngisi waktu ngenteni tanggapan yo!!
            sekalian promosi sopo sing nduwe gawe monggo nanggap ki dalang ismoyo

            • ditanggung tarip bisa di rembug.

  23. langsung antli lagi, dengan tidak sabal menuggu kitab 217, halap halap cemas semoga kelual hali ini,maksudnya bonus, he…he…he.. 😀

    • Benal Ki, kitab 216 mulai bikin sakaul eh, sakauw yaa..

  24. Bengi iki sing ronda lumayan akeh. Jam sakmene sik ana 23. Biasane paling 12. Malem minggu kali ya.

    Monggo kisanak. disambi wedang ronde lan jagung bakare. STMJ yo ono neng ceret ireng.

    Sing gak ronda isa bali disik, paling kitab 217 diwedar sesuk. Sing ronda tetep nang gardu.

    Aku gak ronda, pamit disik.

  25. hadir…

  26. podo malem minggon iki, lek-lekan nganti esuk.

  27. absen……..mugo mugo diwedar isuk iki

  28. Wach blm ada serangan fadjar nie…

    • lha wis diwedar mau bengi lho ki alghor,..tapi ny. seno lali yen sakjane isih utang sak kitab

  29. memang nggak ada ki alGhors. Gimana putaran sungai Nil, apakah masih aman?

  30. nderek absen…………..!!!!!!!!!!!

    pun podo sarapan dereng?????

  31. abseeeennnnnn….

  32. para ki-ki..
    adbm jilid awal.. 1-19 yang djvu ada ga ya?.. dimana bisa didownload..

    matur suwun sanget

  33. padepokan sepi ajah???????

    • Semua penghuni padukuhan sedang pergi ke pasar. Sebagian pergi ke sawah, sebagian mancing dan sebagian mau mapan turu.

      Kalau gitu saya mau siap-siap mesu, deh
      nite, nite ki sanak.

  34. Lagi pada sinau…

  35. Road to 2 million ..

  36. Padepokan sepiiiiii……..

  37. koq sepi banget yah…

  38. badhe ndherek nyuwun pirso dumateng para ki-ki sedaya..
    adbm ingkang awal-awal.. jilid 1-20 an.. versi djvu saget diunduh wonten pundi nggih?.. koleksi kula koq versi html..

    matur sembah nuwun sanget

    hiku

    • Blog ini meneruskan blognya mas Rizal yang terhenti sampai jilid 10 (?). Sehingga jilid-jilid itu diambil dari blognya Mas Rizal, jadi di adbmcadangan tidak ada versi djvu nya.

      Ups…, seharusnya Nyi Seno yang menjawab. Maaf Nyi

  39. waduh….
    kitabe durung wedar yo….
    selak sakaw kie….

  40. Wah jawah niki teng Jakarta…

    • Enak nggih, adem.

      Wonten Malang, namung mendung, nanging malah sumuk sanget

      • Leres Ki,
        Biasanya habis sumuk terbitlah adem
        habis panas terbitlah hujan…
        (hujan keringet 😀 )

        • Nembe mawon niki wau udan deres Ki, ketularan Jakarta.
          Sak niki taksih gerimis.

          • gresik saiki dalam keadaan pengap udan gak udan panas gak panas ….gak betah nang jero omah

  41. nderek absen kaliyan ngantri sepindhah……..

  42. dalam pada itu, padepokan adbm seperti diserang oleh sirep yang kuat yang menyebabkan sepi yang menggigit tulang (bisa ya 🙂 ). Hujan disekitar Jakarta Mentaok semakin menambah suasana sepi yang menusuk. Sepertinya sudah saatnya kitab 217 di wedhar sebagai penawar sirep yang kuat tersebut.

  43. Dina minggu, mulane sepi banget. Apa pada nglencer to yo wong-wong iku.
    Absen terisi 15, nanging kok pada gak ketok, nang endi to.

  44. Padepokan sepiiiiii……..kata siapa ???
    Sekarang 1,971,449 cantrik, tunggu 28,551 cantrik menjadi Padepokan dua juta cantrik.
    Hadir, Tunggu lagi serangan fajar di senen pagi,

    • ykin Ki akan serangan fajar?

  45. sepertinya cantrik-cantrik padepokan ADBM mengira bahwa mungkin rotal 217 tidak diwedar hari ini maka banyak yag tidak nonggol, sudah saatnya Nyi Seno membuat gebrakan dengan mengeluarkan kitab 217. Sehingga para cantrik tidak sembrono lagi dengan meninggalkan padepokan. Sehingga padepokan jari ramai lagi.

  46. Lapor hadir komandan ….

    Siap jaga di gardu depan

  47. …..
    +
    selama ini semua orang merendah di hadapanku, kau Pandan Pangi, Agung Sedayu dan juga anak ingusan itu Glagah Putih- …, dan ternyata aku tidak sekuku irengnya +

    tetap semangat para cantrik..pertarungan puncak masih di depan mata…, masih banyak lika likunya..

    @ kisah pengembaran Glagah Putih dan Raden Rangga sudah dan masih berlanjut
    @ pertarungan Kyai Gringsing, Jayaraga dan Sabungsari melawan beberapa orang berilmu tinggi dari beberapa padepokan masih berlanjut…
    @ pertarungan AS dan SM yang sengaja meninggalkan diri di Tanah Perdikan Menoreh.. nah ini yang belum…

    🙄

    • sepertinya aku pengen glagah putih menghajar swandaru dengan ilmu ki jayaraga biar ampun gak banyak omong…ilmunya kan setingkat ama GP gitu aja besar kepala tapi emang orangnya besar sih

  48. cimahi hujan rintik-rintik uenake mbaca ktab tapi rung di wedar kumaha iue teh JENG SENO?

  49. he he he ki dewo, lagi spoiler dengan bagian akhir jalan simpang ya, masih lama ki, itu pengakuan swandaru kan ?

  50. wah spoileran ki dewo terlalu cepat, swandaru belum keluar ki

    • hehehehe, bukan sopoiler ki hernowo, cuma buat bikin para cantrik pada bangun.., mungkin kecapean abis berhari minggu , makanya sepi banget…
      ntar kalo sepi sunyi nyi seno ga jadi wedar kitab…hehe

      • o ya ki dewo ngomong-ngomong kalau kita ndak terus hadir, takutnya Nyi seno ndak medar kitab ya, sedang pada jilid-jilid belakang banyak pertarungan dan konflik yang terjadi ya ki, malah-malah nantinya ada tokoh yang harus dikukut kan ki, makanya para cantrik tolong hadir terus dan selalu, ikuti ADBM yang pada kitab-kitab yang akan datang banyak yang menarik, jika kita ajeg keluar maka banyak bonus yang akan diberikan, ceritanya pada jilid-jilid yang akan datang tidak mboseni kok.

        • Ki Hernowo,
          Jangan takut, secara wadag mungkin yang ngisi daftar ronda ya itu-itu aja akan tetapi sesungguhnya banyak cantrik yang menggunakan ilmu panglimunan…
          belum lagi yang merapal aji-aji ‘ngrogoh sukma dan pecat nyawa yang berseliweran diseantero padepokan…

          Dalam pada itu Nyimas Senopati dan Ki GD juga sudah tanggap ing sasmita akan kehadiran bentuk-bentuk halus tersebut, sehingga kitab selalu siap di wedhar..

          Namun demikian bagaimanapun Yang Maha Tinggi itupun selalu menyukai hamba-hambaNya yang senang berkumpul, sehingga para cantrik yang sering berkumpul itupun selalu mendapatkan lebih dari sekedar kitab

          Demikianlah…
          😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: