Buku II-39

139-00

Laman: 1 2 3

Telah Terbit on 4 Februari 2009 at 08:14  Comments (143)  

The URI to TrackBack this entry is: https://adbmcadangan.wordpress.com/buku-ii-39/trackback/

RSS feed for comments on this post.

143 KomentarTinggalkan komentar

  1. badum-badum opo to kuwi.
    lha uang dengare pundi

  2. menjelang petang baru 50 komen..
    cantrik2 pada istirahat rupanya..
    bisa2 rontal 139 di rapel besok nih..

  3. 🙂

  4. @Ki Terangguk-angguk
    Jangan lupa Ppn dan Pph nya juga dihitung….

  5. turun…. atau belum turun, hadapilah dengan senyum:
    Moto para cantrik adalah:
    sabar…ngalah….nriman,
    moto Ki Gedhe,:
    ….Loman

  6. Ki GD, semoga perjalanan nglanglang di Semarang dan sekitarnya tidak terhambat banjir.

  7. @ saba lintang

    Ki saba lintang jadi mengingatkan tentang
    Sabar…
    Ngalah….
    Nriman …
    Loman….
    yang terdapat pada motto padepokkan di Jawa Timur…..

  8. Sampurasun KI GD
    Meni nte acan diwedar wae kitab teh kumaha atuh Ki GD?
    KI Djojosm ulah kitu atuh jadi era.aslinamah ti tlatah mataram. bumi abdi ayeuna di CIMAHI jadi wae belajar sa’etik upami aya nu leupat pangraosken wae kitu hatr nuhun.

  9. Biasanya di akhir pekan ada bonus…tetapi…sesuai dengan kebiasaan baru Ki Gede yang mengeluarkan kitab-kitab di larut malam, nampaknya bonus tidak ada lagi, kecuali di moment-moment khusus… nasib… nasib… berharap akhir pekan di temani adbm, ternyata…hanya gigit jari saja…

  10. Keur para cantrik ulah maksa atuh ka KIGD teh bisi ambegken. mengko dadi repot jebule kitab ora di wedarke kan meringis hehe……..139X BUAT KI GD yang penuh welas asih please dong kitabna.

  11. @Ki lurah,
    ki GD mah resep wae dipaksa-paksa, ..komo deui ku nyi Rarawulan jeung nyi Semangkin. 🙂 🙂

    Tapi memang sudah nasip jadi cantrik, kudu sedia ngaronda ..bisi kitabna nonghol sawaktu-waktu. Tapi tenang wae, di gardu musti aya kopi jeung jenang alot (naon nya, basa Sundana?) disediakeun ku dapur padepokan …

  12. Sumuhun Ki Lurah… Ki Gede mah teu kenging di paksa..
    Kanggo Ki Gede, nyuhunkan hampura lamun kalimat-kalimat abdi kawas anu maksa.. (Ki Lurah, ini bahasa sundanya benar tidak yah? mohon di koreksi…)

  13. Ki GD, sayang,….
    Gi ngapain? baru mau maem malem yah??
    maem na yg banyak yah, biar tetep sehat n bisa apelin aq,… xixixixixi

    Klo dah selesai maem na, kitabe diwedhar ya…. jangan terlalu malem, nti cantrik na ga pada bobo…
    kasihan


    terima kasih cinta
    MMMmmmmmuuuuUUUUAAAAaaaaacccCCCCHHHHhhhhh!!!

  14. sembah nuwun 138 nya Ki,
    lan kula tengga candakipun…suwun….

  15. Horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee, Mba Rara wis teka….kitabe sedela maning diwedar…

  16. Wach Nyi Rara dah muaccccccccccccch-muaaaaaaaaaach, ayo Ki Gede segera diwedar poro cantrik dah nggak kukuk nie…
    Apa masih menanti Nyi Semangkin Muacccccch-muuuuuuuuuuuuuaccchhhhh jg Ki Gede?

  17. Hapunten Ki Lurah ulah pundung nya? Upami pundung lontarna moal diturunkeun ku Ki Gede.

    Ni Rarawulan udah hadir, tetapi Ni Semangkin kayanya belum ada nih? mungkin perlu di muuacchh 139 X. Sama diajeng berdua. Baru kitabnya akan temurun.
    Betul Ki? Betul, betul jawab Ki Gede, kitab akan segera turun jam 05.00 GMT.

  18. biasanya ki GD memberi kejutan seperti malam sebelumnya dengan menurunkan langsung dua kitab , karena ini luar biasa maka akan diturunkan tiga kitab sekaligus…hee…he…,mohon maaf ki GD pijit F5 keluar masuk padepokan…biar yang ronda tdk kesepian..

  19. Lho …udah jam segini kok kitab belum diturunkan, wah…akan ada tanda isyarat apakah ini….???
    Ki GeDe…kawula antri dan hadir siap menerima kitab 139.

  20. geuningan loba oge nya canrtrik nu aya di tatar sunda teh syukur lah janteun nambi sadulur jeug nambih wawasan nya urang nu ti tatar sunda bisa ngaosan basa ti tlatah mataram lan sajabana urang anu ti tlata mataram bisa ngaosan basa nu ti tatar sunda kitu meureun para kadang lan saderek. punteu iyeu oge lamon aya basana nu nte ka harti.
    KEUR KI GD NYUHUNKEUN KITABNA ENGGAL DI WEDAR KARUNYA KU PARA CANTRIK NGGEUS PADA LIEUREN. CIK DA KI GD MAH BAGER PISAN NUHUN

  21. antri dulu, siapa tau….

  22. “PADA LIEUREN. CIK DA KI GD MAH BAGER PISAN NUHUN”.

    Tah Ki Lurah ti Cimahi upami nyerat ulah lieuren. sareng bager, kedahna lieureun sarenh bageur.
    Kapungkur mah di Bandung teh seueur gongli alias bagong lieur. Aya keneh kitu?
    Abdi mah lieur teh bakating ngantosan kitab 139.
    Nuwun sewu Ki Gede

  23. abdi ti bandung oge ngiring Antri ah .. susuGanan weh Ki GD kersaeun masihan kitab 139 … nuhun

  24. ho oh… teh wangi haus pisan euy..
    naon teh lampu… eh lepat… neon.. kumaha ki kabeh?
    binun pisan euy..
    pripun sadayan..?? tos tuang… heuleh heuleh… atos teh watu….. euy..abdi binun.. he he..

  25. au ah …gelap pisan euy …jam sabaraha a’ ?

  26. Urun rembug ngundang basa, bilih wae aya nu teu merenah di ati, sanes agung ku payung butut, da teu aya nu diagulkeunana oge, da enya pisan carios lan carita ti tatar mataram teh geuning sakitu adigungna nya…, beu.., ku hebat pisan geuning nu naminya Panembahan Senopati teh.., mana gagah, kasep, pantes pisan para istri mani kabingbiungan ningalna, teu ngan saukur gagah dina laga.Upami jaman kiwari mah panginten top markotop tea, idola para mojang, hehe.
    Mugi Ki Gede teu ngiring lieur maos basa sunda mani ngaburudul.., Da ceuk saha ADBM ngan urang Jawa nu boga??…,urang tatar Sunda ge ngaraos ngagaduhan.., sok lah sing enggal wedarkeun atuh ki Gede…, hatur nuhun.
    pun
    Ki Dewo.

  27. ieu mah judulna…
    … urang sunda demo… huheuheu…-
    sok atuh ki gede, ku tega pisan anjeun teh…

  28. Punteun wae atuh Ki Djojosm bakat ku lieur ngantosan kitabna te acan di wedarkeun wae, sigana kudu ganti kacapanon ieuh. Ki Zacky kumaha kbrna?

  29. Wah loba oge urang sunda.

  30. Alhamdulilah sae ki lurah,wah padepokan janten sararunda kieu, asa di lembur ….

  31. ho oh…
    sadayana sami lieuren…
    geleng-geleng pisan euy…
    lir ilir…
    tandure…na na na na…
    lir ilir…. na na na… ayo nglilir…

  32. Nha, gini baru rame. Ayo terus ki lurah, biar ga ngantuk.

  33. naha ieu teh jiga balad prabu siliwangi jadi nyerbu ka tlatah mataram ? Kira2 mun sangkuriang perang tanding jeung Agung Sedayu saha nu meunang nya ? Geuning Sangkuriang mah sanggup ngabalikeun gunung tangkuban parahu sanes ?! 🙂

  34. Betul Ki Dewo maetro S H Mintaredja sudah bukan milik tlatah mataram atau tatar sunda. Tiga puluh tahun yang lalu kakak ipar saya yang orang batak sangat gandrung sama Nagasastra dan Bende Mataram.

    Namun dlam pada itu saya tidak mengerti/ tidak tahu apakah sudah ada catatan di MURI atau Guines of Record ( Maaf kalo salah nulis. Maklum tatar bekasi) bahwa adbm adalah cerita terpanjang di dunia 396 jilid. Mudah-mudahan Oom Jaya Suprana membaca bloh in.

    Ada pandangan lain para cantrik?

  35. PaRa CantRik sing sarabar nya KiTab saratus tilu salapan sakedap deui tiasa di candak … hatur nuhun

  36. meniko lagunipun prajurit siliwangi kang hijrah dateng ngayogyakarta:

    paduli teuing kuring keur ngabagong,
    nu narenjokeun ulah rea omong,
    ieu soteh miceun nineung ka kitab nu ka 139,

    …sok ki GD, ulah di engke2 saena mah ayeuna bae

  37. Wah mastiyo ga mudeng apa yang diomongken, tapi saya sangat suka ternyata banyak sedulur2 dari tanah Sunda yang gemar cerita Babat Mataram. Hidup Nusantara Jaya..!!

  38. hebaaattt…. hebat euy..
    sangkuriang sanggup ngebalikeun parahu…
    abdi mah sanggup ngebalikeun getek..hehe..abdi ugi hebat euy…

  39. Para Cantrik sadaya sing sararabar .. kitab 139 sakedapdeui bade lungsuR … nuhun

  40. Ampun Ki Gede ojobku wis ngajak bobo. Sesuk meneh ae yooo. Esuk-esok tak nglongok padepokan.

  41. Asik kitab 139 sebentar lagi di GeBeR …

  42. Punten pisan…
    Mataram teh masih aya kakait sareng tatar Sunda.., mugi2 we anu tadina sok rada mentegeg tea.., janten cair ari tos maos ADBM mah…, punten rada pajang copy paste na..

    Sumedang Larang

    Kerajaan Sumedang Larang (kini kota Sumedang) adalah salah satu dari berbagai kerajaan Sunda yang ada di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Selain itu dikenal juga kerajaan sunda lainnya seperti kerajaan Pajajaran yang juga masih berkaitan erat dengan kerajaan sebelumnya (Galuh), namun keberadaan kerajaan Pajajaran ini berakhir di Pakuan (Bogor) karena serangan aliansi kerajaan Cirebon, Banten dan Demak (Jawa Tengah). Sejak itu, Kerajaan Sumedang Larang menjadi kerajaan yang memiliki otonomi luas untuk menentukan nasibnya sendiri.

    Kerajaan Sumedang Larang berasal dari kerajaan Sunda-Pajajaran yang didirikan oleh Prabu Geusan Ulun Adji Putih atas perintah Prabu Suryadewata sebelum Keraton Galuh dipindahkan ke Padjadjaran, Bogor. Seiring dengan perubahan zaman dan kepemimpinan, nama Sumedang mengalami beberapa perubahan. Yang pertama yaitu Kerajaan Tembong Agung (Tembong artinya nampak dan Agung artinya luhur) dipimpin oleh Prabu Guru Adji Putih pada abad ke XII. Kemudian pada masa zaman Prabu Tadjimalela, diganti menjadi Himbar Buana, yang berarti menenrangi alam, dan kemudian diganti lagi menjadi Sumedang Larang (Sumedang berasal dari Insun Medal/ Insun Medangan yang berarti aku dilahirkan, dan larang berarti sesuatu yang tidak ada tandingnya).

    Pada pertengahan abad ke-16, Ratu Pucuk Umun, seorang wanita keturunan raja-raja Sumedang kuno yang merupakan seorang Sunda muslim menikahi Pangeran Santri(1505-1579 M) yang bergelar Ki Gedeng Sumedang dan memerintah Sumedang Larang bersama-sama serta menyebarkan ajaran Islam di wilayah tersebut. Pangeran Santri adalah cucu dari Syekh Maulana Abdurahman (Sunan Panjunan) dan cicit dari Syekh Datuk Kahfi, seorang Ulama keturunan Arab Hadramaut yang berasal dari Mekkah dan menyebarkan agama Islam di berbagai penjuru daerah di kerajaan Sunda. Pernikahan Pangeran Santri dan Ratu Pucuk Umun ini melahirkan Prabu Geusan Ulun atau dikenal dengan Prabu Angkawijaya.

    Prabu Geusan Ulun dinobatkan sebagai Bupati Sumedang I (1580-1608 M) menggantikan kekuasaan Ayahnya, Pangeran Santri. Beliau menetapkan Kutamaya sebagai Ibu kota kerajaan Sumedang Larang, yang letaknya di bagian Barat kota. Wilayah kekuasaannya meliputi Kuningan, Bandung, Garut, Tasik, Sukabumi (Priangan) kecuali Galuh (Ciamis). Kerajaan Sumedang pada masa Prabu Geusan Ulun mengalami kemajuan yang pesat di bidang sosial, budaya, agama, militer dan politik pemerintahan. Setelah wafat pada tahun 1608, puteranya, Pangeran Rangga Gempol Kusumadinata/Rangga Gempol I atau yang dikenal dengan Raden Aria Suradiwangsa menggantikan kepemimpinan ayahnya. Namun, pada saat Rangga Gempol memegang kepemimpinan, pada tahun 1620 M Sumedang Larang dijadikan wilayah kekuasaan Kerajaan Mataram di bawah Sultang Agung, dan statusnya sebagai ‘kerajaan’ dirubah menjadi ‘kabupaten’ olehnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya menjadikan wilayah Sumedang sebagai wilayah pertahanan Mataram dari serangan Kerajaan Banten dan Belanda yang sedang mengalami konflik dengan Mataram.

    Sultan Agung memberi perintah kepada Rangga Gempol I beserta pasukannya untuk memimpin penyerangan ke Sampang, Madura. Sedangkan pemerintahan sementara diserahkan kepada adiknya, Dipati Rangga Gede. Hingga suatu ketika, pasukan Kerajan Banten datang menyerbu dan karena setengah kekuatan militer kabupaten Sumedang Larang dipergikan ke Madura atas titah Sultan Agung, Rangga Gede tidak mampu menahan serangan pasukan Banten dan akhirnya melarikan diri. Kekalahan ini membuat marah Sultan Agung sehingga ia menahan Dipati Rangga Gede, dan pemerintahan selanjutnya diserahkan kepada Dipati Ukur. Sekalilagi, Dipati Ukur diperintahkan oleh Sultan Agung untuk bersama-sama pasukan Mataram untuk menyerang dan merebut pertahanan Belanda di Batavia (Jakarta) yang pada akhirnya menemui kegagalan. Kekalahan pasukan Dipati Ukur ini tidak dilaporkan segera kepada Sultan Agung, diberitakan bahwa ia kabur dari pertanggung jawabannya dan akhirnya tertangkap dari persembunyiannya atas informasi mata-mata Sultan Agung yang berkuasa di wilayah Priangan.

    Setelah habis masa hukumannya, Dipati Rangga Gede diberikan kekuasaan kembali untuk memerintah di Sumedang. Sedangkan wilayah Priangan di luar Sumedang dan Galuh (Ciamis) dibagi kepada tiga bagian; Pertama, Kabupaten Bandung, yang dipimpin oleh Tumenggung Wirangunangun, Kedua, Kabupaten Parakanmuncang yang dimpimpin oleh Tanubaya dan Ketiga, kabupaten Sukapura yang dipimpin oleh Tumenggung Wiradegdaha/ R. Wirawangsa atau dikenal dengan “Dalem Sawidak” karena mempunyai anak yang sangat banyak.
    Hingga kini, Sumedang masih berstatus kabupaten, sebagai sisa peninggalan konflik politik yang banyak diinterfensi oleh Kerajaan Mataram pada masa itu. Adapun artefak sejarah berupa pusaka perang, atribut kerajaan, perlengkapan raja-raja dan naskah kuno peninggalan Kerajaan Sumedang Larang masih dapat dilihat secara umum di Museum Prabu Geusan Ulun, Sumedang letaknya tepat di tengah alun-alun kota Sumedang, bersatu dengan bangunan pemerintah daerah setempat

  43. Tah sakitu hebringna ADBM teh bisa ngahijikeun anu ti tatar sunda,tlatah mataram oge ti bumi lainna. meureun aya nu ti ranah minang,serambi mekah,sumatra,kalimantan DST.coba lamon di nagari palestina oge aya ADBM meureun urang palestina jeung israel teh moal geugeulutan[perang meureun nya]janteun asyik wae ngantosan di wedarna kitab2 ku KI GD moal aya waktu keur perang. setuju para saderek lamon kitab ayeuna di wedarke? Keur KI GD omat bisi ku sieun para cantrik geus te kiat deui ……………………????

  44. Hayo diMana? … Ya disiNi lah .. di zacky_74 … he he MatuR nuwon Ki GD n Ki SukRa

  45. parantos di wedar saderek, tapi dimana ?

  46. Hmm… petak umpet Ki… Nuwun.

  47. parantos didonlot ki Gede…, hatur nuhun…
    ppt…

  48. Nah yang ini bukan dompet kosong – tapi kok lama ya.

  49. @Ki P_Sawukir
    Jenang teh ceuk sunda na mah dodol Ki…

  50. matur nuwun Ki GD…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: