Buku 93

TENTANG BONUS

Sebagaimana pernah Ki Gede wartakan sebelumnya, bahwa akan ada bonus. Setelah berkonsultasi dengan Jaka Raras yang linuwih dalam penglihatan mata batinnya, disarankan agar bonus itu diberikan pada hari yang baik. Selanjutnya dinyatakan bahwa ke depan ini ada 2 hari baik menurut petungan Jaka Rarasa yang juga berjuluk Ki Waskita. Pertama adalah hari Sabtu. Kata Ki Waskita hari Sabtu adalah hari baik karena para cantrik pada libur. Kalau bonus diberikan pada hari Sabtu maka bisa dijadikan cagak lek. Bisa untuk sangu minggon. Hari baik kedua adalah malam 1 syuro. Di Yogya pada malam itu masyarakat pada wungon, lek-lekan di Parang Tritis (tidak tahu juga apa yg mereka lakukan di sana). Karena penanggalan Jawa itu merupakan warisan Sultan Agung (mohon koreksi kalau salah), maka kalau bonus diberikan pada malam 1 syuro dapatlah ADBM untuk temen wungon. Jadilah ngiras-ngirus, bagi bonus sekaligus untuk mempertautkan diri dengan Mataram yang sesungguhnya yang telah menciptakan sistem penanggalan Jawa.

Pandangan Ki Waskita ternyata didukung sepenuhnya oleh Kiai Grinsing, Ki Juru, Ki Sumangkar, dan para sesepuh dan pinisepuh Mataram.

GD

Ki Gede meneruskan maksud baik Ki HARTONO.

Dalam rangka merayakan 100 Jilid ADBM, Ki HARTONO berkenan menjadi tuan rumah yang akan menyediakan wedang sere. Bagi para kadang yang berminat kumpul2 silakan unjuk jari sehingga Mas Hartono bisa memperkirakan ubarampe: berapa tikar pandan yg perlu digelar, berapa teko wedang sere yg mesti disiapkan, dan berapa patok perlu dipasang untuk nyancang kuda. Jangan lupa bawa jenang alot, kacang goreng, pisang goreng, rengginang, dan jajanan lain kesukaan masing2.
Nah, silahkan Ki HARTONO memberikan arah kemana jalur yang harus ditempuh dan hari yang baik. Barangkali sekalian wungon malam 1 suro?

Laman: 1 2 3 4 5 6

Telah Terbit on 23 Desember 2008 at 04:00  Comments (65)  

The URI to TrackBack this entry is: https://adbmcadangan.wordpress.com/buku-93/trackback/

RSS feed for comments on this post.

65 KomentarTinggalkan komentar

  1. Tengkiu…………
    Ijin Kie…..
    Moga ga putus lg….

  2. Dengan senang hati bonusnya mohon ijin diunduh.
    terima kasih

  3. Benar ini hari baik, bonus sampun diunduh…

  4. Matur suwun Ki GeDe,,,walau baru absen dan belum sempat antri tapi sudah dapat kitab 93….matur suwun bener2 hari baik nich………

  5. Rudita…
    ada yg agak aneh ttg sikapnya eh jaln hidupnya..
    rasanya pada buku sebelumnya saat Rudita datang di Menoreh dan bersikap petantang petenteng thd para pemuda Perdikan Menoreh ada dia berucap menyombongkan nama Guru olah Kanuragan nya ya??… Kok di buku2 lanjut sama sekali ga disinggung mengenai kebisaan Rudita soal dasar2 olah kanuragan…..
    Mohon pencerahan di kala mendung ini…

  6. Saya setuju. Malem satu suro (saya lebih suka menyebut Malam 1 Muharam) atau Minggu 28, Desember 2008. Kebetulan saya off. Gimana kalau pilih kedai di kawasan Kalibata? Ngumpul di Stasiun atau Mal, baru pilih lokasi wedang serenya? Saya tunggu responsnya sampai Sabtu (27 Des 08) pukul 21.00 WIB. Tujuan utama: membantu babat alas supaya lebih cepat berdiri Kerajaan Mataram (kitab asli, scan).

  7. absen para kadang sedaya,sangsaya ndalu sangsaya nglangut……………..punapa kitab 93 saestu sampun saged dipun unduh?kok kula dereng kepanggih sandi nipun

    matur nuwun

    NB. Agung sedayu mau dgn sekar mirah karena memang cinta,dan dia sadar sepenuhnya bhw memang no bodi’s perfect,disamping kecantikan dan mimpi2 kemuliaan yg makantar kantar ada sisi lain yg memang menunjukan kelemahan seorang sekar mirah.Agung Sedayui pun menyadari kelemahan dirinya disamping kelebihannya.Akan tetapi,Agung Sedayu memiliki keyakinan bhw pd saatnya bisa membimbing sekar mirah mjd seorang isteri yg berbhakti………….demikian lanjutan ceritanya

  8. nyuwun pitulung para kadhang ingkang sampun saged ngasta kitab 93………..paringana kula ancer 2 lan tata caranipun ingkang kedah kula lampahi,punapa kedah siyam ,patigeni,ngrowot,mutih,punapa puasa ngidang?

    Ki Gede,nyuwun palilah lan pangandikan

  9. bonus hari baik sampun tuntas Ki GD, nenggo bonus 10 kitab kangge suroan.

  10. nuwun sewu Ki GD & para sesepuh..
    numpang ngantri kitab …

    matur sembah nuwun..

  11. Wah maturnuwun, mboten sah ribet sampun pikantuk.

  12. para cantrik sekalian….

    nyari rontal no 93 (versi djvu) dimana ya???? udah ngubek2 halaman depan, belakang, samping, kok gak ketemu. buat koleksi nih….

    mohon petunjuk. matur tengkyu

  13. kok ga’ ada ceritanya sih padahal mau dibaca lho
    ku sangat suka buku api di bukit menoreh

    S apanya yang tidak bisa dibaca mbakyu ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: